Cegah Perilaku Korupsi sejak dini



Abu dan Ummu, Korupsi muncul akibat need of achievement (motivasi berprestasi) dari manusia yang terlalu berlebihan. Keinginan untuk melebihi orang lain, berdasarkan budaya yang berlaku di lingkungannya. Hal itulah yang menjadikan korupsi dapat bermacam-macam bentuknya. Selain uang dan kekuasaan, bentuk lain bisa berupa korupsi ayat suci, korupsi dalil, korupsi nilai rapor, dan banyak lagi bentuk korupsi lainnya. Dan semua itu, dilakukan atas dasar kebutuhan melebihi manusia lain yang terlalu berlebih.

Seharusnya, seseorang harus punya pribadi sportif yang mau menerima batasan diri untuk “kalah” dengan orang lain. Ini adalah wujud motivasi berprestasi yang ideal. Anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa diharapkan punya pribadi ideal. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan dalam penanaman jiwa anti korupsi dan mencegah perilaku korupsi pada anak.

  1. Teknik ego vincerio, sebuah teknik modifikasi perilaku bagi anak yang “motivasinya” terlalu tinggi. Intinya, diarahkan bahwa untuk mencapai keinginannya, akan lebih efektif dan lebih efisien bila bekerja sama dengan orang lain.
  2. Pikiran bawah sadar (subconcius) pada usia dini sedang membentuk polanya, semuanya tergantung pada pengaruh lingkungan. Sebaiknya, tidak menuntut anak terlalu tinggi untuk berprestasi. Tekanan pada usia dini, efeknya 1000 kali lebih besar dalam membentuk kepribadian, daripada saat dewasa. Gantilah tuntutan Anda dengan tawaran.

Selanjutnya, simak lembar ya Bunayya pada majalah Nikah Sakinah edisi April 2010

Tagged under: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top