Sujud Tilawah

Abu dan Ummu, anjurkan kepada anak Anda untuk melakukan sujud yang dinamakan sujud Tilawah. Ini dilakukan ketika membaca ayat-ayat as Sajdah dalam al Quran, baik ketika sedang shalat ataupun di luar shalat. Hal ini karena hadits abu Hurairah rodhiyallohu ‘anhu yang menceritakan bahwa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seorang anak adam membaca ayat as Sajdah lalu ia bersujud, maka setan akan menyingkir sambil menangis dan berkata, ‘Sungguh celaka dia -(dalam riwayat lain disebutkan, ‘Sungguh celaka aku.’)- karena anak Adam itu diperintahkan untuk bersujud lalu ia bersujud dan akhirnya masuk surga. Sementara aku dahulu diperintahkan untuk bersujud, namun aku membangkang, sehingga akupun masuk neraka.’” (Riwayat Muslim)

Adapun hukumnya yang rajih adalah sunnah muakkad, bagi orang yang membaca dan yang mendengarkan, jika yang membaca melakukan sujud tilawah. Namun jika yang membaca tidak melakukan sujud tilawah, maka yang mendengar tidak perlu bersujud.

- Cara sujud tilawah
Abu dan Ummu, ajarkan juga pada anak kita cara sujud tilawah yang benar yaitu ketika membaca satu ayat As-Sajdah, atau dengan sengaja mendengarkannya untuk menghadap kiblat dan bertakbir, kemudian bersujud seraya membaca doa sujud, baru kemudian mengangkat kepalanya tanpa bertakbir lagi juga tanpa membaca tasyahud serta tanpa salam. Hal ini sebagaimana yang pernah diceritakan oleh Abdullah bin Umar rodhiyallohu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Abu Daud, bahwa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah membacakan Al-Qur’an kepada kami. Ketika beliau sampai kepada ayat sajdah, beliau bertakbir lalu bersujud dan kamipun ikut bersujud bersama beliau.

Untuk lebih lengkapnya, simak lembar Ya Bunayya majalah Nikah Sakinah edisi April 2010

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top