Yang Ghaib Jangan Dikhayal

Abu dan Ummu yang dirahmati Allah, Islam sangat memperhatikan keimanan seseorang terhadap perkara ghaib. Islam menjadikan keiman kepada perkara ghaib termasuk salah satu ciri utama orang yang bertakwa. Allah ta’ala berfirman,

الم (1) ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ (2) الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ …

“Alif laam miim. Kitab (al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib…” (al-Baqarah: 1-3)
Keimanan terhadap perkara ghaib inilah yang benar-benar akan membedakan antara seorang muslim dengan orang kafir. Karena seandainya keimanan itu berkaitan dengan perkara yang nampak nyata dan bisa dirasakan dengan indera manusia, niscaya orang kafir pun akan beriman. Akan tetapi keimanan ini didasarkan kepada perkara yang ghaib agar menjadi jelas dan nyata siapa yang benar-benar percaya, tunduk dan menerima segala berita dari Allah dan rasulnya.
Iman kepada perkara ghaib mencakup segala perkara ghaib yang Allah beritakan, baik makhluk-makhluk yang tidak tampak ataupun kejadian-kejadian yang telah lampau maupun yang akan datang. Iman kepada Allah, malaikat-Nya, para rasul yang telah lalu, kejadian umat terdahulu, adanya hari kiamat dan tanda-tandanya, kejadian di alam kubur, hari akhirat, surga dan neraka, semuanya termasuk dalam keimanan terhadap perkara ghaib.

Maka bagi Abu dan Ummu hendaknya memperhatikan hal ini dan berusaha sedikit demi sedikit menanamkan keimanan ini kepada anak-anak.

HANYA DARI WAHYU
Perkara ghaib hanya bisa kita ketahui dan kita imani jika ada penjelasan dari Allah dan Rasul-Nya shollallohu ‘alaihi wa sallam. Karena hanya Allah lah yang mengetahui perkara ghaib itu, sedangkan Rasulullah n adalah penyampai berita dan risalah dari-Nya.
Dari sini, Abu dan Ummu yang ingin menanamkan keimanan terhadap perkara ghaib pada diri anak, hendaknya memperhatikan beberapa hal berikut:

Baca lebih lengkap pada lembar Ya Bunayya majalah Nikah Sakinah edisi April 2010

Tagged under: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top