Mengusap Sepatu & Perban

Abu dan Ummu, termasuk sunnah yang tidak banyak diketahui oleh kaum muslimin dalam masalah bersuci adalah mengusap khuff (sepatu). Sehingga banyak sebagian kaum muslimin yang tidak memerhatikan dan menganggap perkara ini adalah perkara yang aneh, padahal mengusap sepatu ini telah disyariatkan dalam Al-Qur’an maupun sunnah.

Abu dan Ummu, hendaknya diajarkan kepada anak kita, disyariatkan mengusap sepatu dan yang sama pengertiannya dengan itu seperti sepasang kaos kaki. Hal ini termaktub dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Di dalam Al-Qur’an, terdapat dalam firman Allah “wa arjulikum” (QS. al-Maidah: 6) bisa dibaca jar (kasrah) karena dimaksudkan kepada “wamsahu bi ru’usikum”. Hal ini menunjukkan kebolehan mengusap.

Adapun dalam sunnah, nabi –shollallohu ‘alaihi wa sallam– bersabda,
“Apabila seseorang dari kamu berwudhu ketika bersepatu, maka usaplah di bagian atasnya (dengan air) kemudian shalatlah dan janganlah membukanya bila menghendaki, kecuali karena mandi janabah.” (riwayat Daruqutni dan Hakim)

Adapun tentang syarat-syarat dan tata cara mengusap sepatu, silahkan baca lembar ya Bunayya Majalah Nikah Sakinah Vol. 9 No. 8

Tagged under: , , ,

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top