Motivasi Anak dengan Akhirat

Abu dan Ummu yang dirahmati Allah. Setiap orang pasti membutuhkan dorongan atau motivasi dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya. Dengan motivasi itulah, dia akan merasa lebih ringan untuk melakukan apa yang harus dia lakukan. Semakin baik dan kuat motivasi, akan semakin mudah pula seseorang menggapai tujuan dari pekerjaannya.

Nah, demikianlah hendaknya kita juga melihat kepada anak-anak yang kita didik. Ketika kita menginginkan keberhasilan mereka dalam belajar misalnya, ibadah, atau dalam kegiatan bermanfaat yang lain; tentu saja kita harus memberikan dorongan kepada mereka sebagai salah satu bentuk dukungan dan bantuan kita kepada mereka. Dari sinilah hendaknya seorang tua melihat, menimbang, dan memilih motivasi terbaik apa yang hendaknya dia sampaikan kepada anaknya. Agar motivasi ini benar-benar berpengaruh dengan baik dan memiliki manfaat yang lebih banyak.

Lihat tujuan mukmin

Abu dan Ummu yang dirahmati Allah. Sebagai seorang mukmin, tentunya kita meyakini bahwa kehidupan di dunia ini pasti berakhir dan akan berganti dengan kehidupan akhirat yang kekal. Dari sinilah, hendaknya tujuan setiap mukmin tidak terbatas pada tujuan keduniaan. Bahkan lebih dari itu, seorang mukmin memiliki tujuan utama yang bersifat ukhrawi.

Jika demikian tujuan seorang mukmin, sedangkan kita mengharapkan anak-anak kita menjadi generasi mukmin tangguh, maka tentu saja motivasi terbaik bagi mereka adalah motivasi yang berorientasikan akhirat, bukan keduniaan.

Baca kelanjutannya di lembar Ya Bunayya, Majalah Nikah Sakinah, Vol. 9 No. 8

Tagged under: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top