Nikah Sakinah Vol. 10 No. 3

Beranda

“SALAH MAKAN” PENYEBAB DOA TAK MEMPAN

Kita semua tentu sudah pernah membaca penggalan hadits riwayat Muslim berikut,
“…Kemudian beliau menyebutkan seorang lelaki yang kusut lagi berdebu, ia mengulurkan kedua tangannya ke arah langit sambil berdoa, “Ya Rabb, Ya Rabb, sedang makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, ia kenyang dengan makanan yang haram. Maka bagaimana mungkin orang tersebut dikabulkan permohonannya?!”

Ibnu Rajab -rohimahulloh- berkata, “Hadits ini menunjukkan bahwa amalan tidak diterima dan tidak suci kecuali dengan memakan makanan halal. Sedangkan makanan haram dapat merusak amal perbuatan dan membuatnya tidak diterima.”

Sedangkan prof. DR. Abdurrazaq bin Abdulmuhsin al abbad saat menjelaskan hadits ini menyatakan, “rasulullah -shollallohu ‘alaihi wa sallam- memulai hadits ini dengan isyarat akan bahaya makan barang haram dan hal itu rermasuk pencegah doa dikabulkan. Untuk itu bisa dipahaami, dengan memperbagus makanan (memakan makanan halal) menjadi salah satu sebab dikabulkannya doa, sebagaimana dikatakan oleh Wahb bun munabbih, “siapa yang ingin dikabulkan doanya oleh Allah -ta’ala-, hendaklah memperbagus makanannya. Ketika Sa’ad bi abi waqqash z ditanya tentang sebab dikabulkannya doa para shahabat Rasulullah -shollallohu ‘alaihi wa sallam-, beliau berkata, “Aku tidak mengangkat sesuap makanan pun ke mulutku kecuali aku mengetahui dari mana datangnya dan dari mana ia keluar.”

Untuk itu, bila doa-doa yang kita panjatkan seakan tak mendapat jawaban, bisa jadi itu disebabkan karena kelalaian kita dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan tidak memedulikan masalah halal dan haram. Ini sebagaimana disinyalir dari hadits Rasulullah tersebut. Juga, perkataan seorang ulama, Yusuf bin Asbath -rohimahulloh-, “Telah sampai kepada kami bahwa doa seorang hamba ditahan naik ke langit lantaran buruknya makanan (makanannya tidak halal).

Pembaca sekalian, inilah beberapa pelajaran yang bisa diambil dari tema yang diangkat Sakinah edisi ini. Semoga sajian kali ini, semakin menyadarkan kita akan pentingnya makanan halal bagi seorang muslim. Dan sebentar lagi, tamu agung yang dinanti-nanti, akan menemui kita. Semoga kita semua diberi kemudahan dan kekuatan untuk menyambut Ramadhan di tahun ini. (***)

Beranda Majalah Nikah Sakinah Vol. 10 No. 3


Daftar Isi Majalah Nikah Sakinah Vol. 10 No. 3

daftar isi majalah nikah sakinah vol 10 no 2

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top