Nikah Sakinah Vol. 10 No. 4

TEKAD KUAT MENUJU TAUBAT

Ramadhan telah tiba, inilah kesempatan besar untuk bertaubat kepada Allah –ta’ala– dan kembali kepada-Nya. Hendaknya kesempatan emas ini tidak disia-siakan. Apalagi setelah Ramadhan berlalu, namun kita tidak mendapat ampunan –semoga Allah –ta’ala– melindungi kita dari hal itu-.

Dari Jabir bin Samurah -rodhiyallohu ‘anhu-, ia berkata, “Rasulullah –shollallohu ‘alaihi wa sallam– bersabda, ‘Jibril –rohimahulloh– datang kepadamu dan berkata, ‘Wahai Muhammad, barangsiapa yang menemui bulan Ramadhan lalu ia wafat dan tidak diampuni baginya, maka ia dimasukkan ke neraka, lalu Allah –ta’ala– menjauhkannya.’ ‘Bacalah amin.’ Maka aku membaca, ‘Amin’.” (Riwayat Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, dan at-Thabrani dalam al-Kabir)

Dan dari Abu Hurairah -rodhiyallohu ‘anhu-, ia berkata, “Rasulullah –shollallohu ‘alaihi wa sallam– bersabda, ‘Merugilah seseorang yang bulan Ramadhan datang kepadanya kemudian pergi sebelum ia mendapat ampunan.’” (Riwayat at-Tirmidzi 3545 dan dishahihkan oleh Syekh al-Albani –rohimahulloh– dalam al-Irwa` (1/36) (6) dan al-Misykah (709).

Inilah bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan kebaikan. Di dalamnya terdapat keutamaan yang banyak, perkara-perkara yang terpuji. Ramadhan merupakan bulan Al Quran, bulan kebaikan, bulan taubat dan penebus dosa dan kesalahan. Di bulan ini rahmat diturunkan, derajat diangkat, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan dibelenggu.

Dalam Shahih Muslim disebutkan, ‘Dibukalah pintu-pintu rahmat, ditutup pintu-pintu neraka jahanam, dan setan-setan dibelenggu.” (Riwayat al-Bukhari 1898 dan Muslim 1079)

Untuk itu, Sakinah edisi ini mengangkat tema “Suamiku Ingin Bertaubat”. Sebuah kalimat yang tentu akan membuat hati para istri terharu dan dibuai dengan kegembiraan yang tak terlukiskan. Ya, istri mana yang tidak akan gembira melihat suaminya bertekad dan berusaha meraih ampunan-Nya?  Untuk itu, sudah saatnya para istri mendukung dan mendampinginya. Bantulah suami Anda untuk menyucikan diri menuju taubat nasuha.

Hiburlah dan doronglah dia agar berkemauan keras dan tidak berputus asa dari rahmat Allah –ta’ala–. Ingatkan bahwa tidak ada hamba berdosa yang datang kepadanya kecuali Dia –ta’ala– menerima taubatnya, Dia Maha Luas ampunan-Nya. Marhaban yaa Ramadhan, manfaatkan ramadhan ini sebaik-baiknya. Segeralah bertaubat sebelum hilangn kesempatan. (***)

RALAT (Majalah Nikah Sakinah Vol. 10 No. 4)

Hal. 36 Rubrik “Harmoni” pada artikel berjudul “Begadang Ditinjau Dari Sisi Kesehatan”

Pada sub judul “Jam Biologis Tubuh” Tertulis :

“Pukul 21.00-23.00 … sebaiknya pada waktu ini bersantai sambil mendengarkan musik…”

Seharusnya pada tulisan bergaris bawah ada catatan dari redaksi sebagai berikut:

“Demikian tertulis dari rujukan yang digunakan oleh penulis. Hanya saja sebagai seorang Muslim, hal itu selayaknya diganti dengan mendengarkan bacaan murottal al-Quran, karena itulah yang akan bisa menenangkan hati dan mengistirahatkan jiwa. Adapun mendengarkan musik, maka hal ini hanya akan membuat seseorang lalai, dan ini diharamkan dalam Islam.”

Demikian ralat penting untuk edisi ini, semoga Allah mengampuni kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekurangan kami.

Daftar Isi Majalah Nikah Sakinah Vol. 10 No. 4

..

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top