Nikah Sakinah Vol. 10 No. 11

Setahun shalat 2 kali!?

majalah nikah sakinah vol.10 no.11Sungguh menyedihkan dan patut disayangkan kondisi saudara-saudara kita seiman. Tidak sedikit di antara mereka menganggap remeh perkara shalat. Sebagai contoh, shalat mereka bolong-bolong alias tidak penuh dalam sehari. Atau, mereka shalat ketika hari raya tiba. Artinya, dalam stahun mereka cuma shalat 4 rakaat! Semoga ini tidak terjadi pada diri kita, naudzubillahi min dzalik!

Padahal, sudah semestinya shalat lima waktu itu dijaga. Sebab, barangsiapa yang selalu menjaganya, berarti ia telah menjaga agamanya. Sebaliknya, barangsiapa menyia-nyiakannya, maka tentulah amalan-amalan lain akan lebih disia-siakan.

Hal ini sesuai perkataan Umar bin al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu, “Sesungguhnya di antara perkara terpenting bagi kalian adalah shalat. Barangsiapa menjaga shalat, berarti dia telah menjaga agamanya. Barangsiapa yang menyia-nyiakannya, maka untuk amalan lainnya akan lebih disia-siakan lagi. Tidak ada bagian dalam Islam, bagi orang yang meninggalkan shalat.“

Demikian juga Imam Ahmad rahimahullah, beliau mengatakan perkataan yang serupa, “Setiap orang yang meremehkan perkara shalat, berarti telah meremehkan agamanya. Seseorang memiliki bagian dalam Islam sebanding dengan penjagaannya terhadap shalat lima waktu. Seseorang yang dikatakan semangat dalam Islam adalah orang yang betul-betul memperhatikan shalat lima waktunya. Kenalilah dirimu, wahai Abdullah. Waspadalah! Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bagian dalam Islam. Kadar Islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar shalat dalam hatimu.”

Untuk itu, pada edisi ini Sakinah menyuguhkan tema tentang fenomena penyia-nyiaan shalat oleh kaum muslimin. Semoga pembahasan ini mampu memberikan pencerahan dan penggugah hati bagi saudara-saudara kita yang terlalai dalam shalatnya. Selamat membaca!
(Beranda Majalah Nikah Sakinah Vol. 10 No. 11)

DAFTAR ISI

Daftar isi majalah nikah sakinah vol 10 no 11

Tagged under: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top