Majalah Sakinah Vol. 11 No. 3

Tak Perlu Menjerit Bila Ekonomi Makin Sulit

Alhamdulillah, BBM tidak jadi naik. Meski sewaktu-waktu bisa saja pemerintah menaikkan, setidaknya penundaan ini merupakan hal yang selayaknya disyukuri. Tentu bisa dibayangkan, ketika BBM mengalami kenaikan, semua lini kehidupan akan terkena dampaknya dan ujung-ujungnya akan menambah kesempitan dalam kehidupan.

Untuk itulah, Sakinah mengangkat tema tentang bagaimana seorang muslim bisa tegar menghadapi kesulitan hidup yang dihadapinya.  Pembaca bisa menemukan bagaimana kiata-kiat praktis agar bisa menghadapi krisis. Selain itu jangan lupa, bisa jadi kesulitan hidup maupun atau krisis ekonomi yang menimpa kita merupakan ujian dan hukuman dari Allah karena kita telah berpaling dari jalan-Nya.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata, “Sesungguhnya kebaikan menyebabkan bercahanya wajah, lapangnya rezeki, kekuatan badan, dan kecintaan di hati orang lain. Sedangkan keburukan (perbuatan dosa) menyebabkan gelapnya wajah, kegelapan di alam kubur dan qalbu, lemahnya badan, berkurangnya rezeki, dan kebencian di hari orang lain”. (Disebutkan oleh Ibnul Qayyim dalam al-Jawabul Kaafi, hal : 62)

Untuk itu, salah satu cara keluar dari krisis ini adalah bertaubat dari maksiat dan pelanggaran syariat yang kita lakukan.

Selanjutnya, kita juga harus senantiasa memohon kepada Allah kelapangan rezeki dan kemudahan dalam segala urusan. Kita harus selalu ingat bahwa rezeki seseorang telah Allah tentukan. Allah menegaskan,
وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأرْضِ إِلا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا
“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.” (Huud : 6)

Semoga kita diberi ketegaran dalam menghadapi kesulitan hidup yang kita hadapi dan semoga Allah memberi jalan keluar dari setiap kesulitan yang kita temui. (***)

(*** Beranda Majalah Nikah Sakinah Vol. 11 No. 3 ***)

Daftar isi Majalah Nikah Sakinah Vol. 11 No. 3

Tagged under: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top