Majalah Sakinah Vol. 11 No. 6

Tak Baik Berprasangka

Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda,

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ، وَلاَ تَجَسَّسُوا…

“Hati-hati kalian dari zhan/prasangka, karena zhan/prasangka itu adalah sedusta-dusta ucapan. Dan janganlah kalian memata-matai sesama kalian…” (Riwayat al-Bukhari no. 5143 dan Muslim no. 6482)

Zhan yang dilarang  dalam hadits tersebut adalah su`u zhan (prasangka buruk), sebab hukumnya haram. Al-Khaththabi – rahimahullah – berkata, “Zhan yang dilarang adalah zhan yang direalisasikan dan dibenarkan, bukan zhan yang sekadar terlintas dalam jiwa. Karena zhan seperti ini tidak dapat dikuasai (datang tiba-tiba tanpa dikehendaki).”

Al-Imam An-Nawawi – rahimahullah – menerangkan, “Maksud dari perkataan al-Khaththabi tersebut adalah Allah – ta’ala – mengampuni kesalahan yang terjadi pada umat ini selama mereka tidak membicarakannya atau bersengaja melakukannya.” (al-Minhaj Syarhu Shahih Muslim, 16/335)

Karena su`u zhan yang bersarang dalam hati akan membawa seseorang untuk mengucapkan sesuatu yang tidak pantas dan melakukan perbuatan yang tidak semestinya…. (Taisir al Karimir Rahman, hal. 801)

Nah, dalam kehidupan rumah tangga, munculnya prasangka dan praduga merupakan sesuatu yang terkadang tidak bisa dihindari. Jika tidak disikapi dengan benar, salah paham dan pertengkaran sangat mungkin menjadi pemicu prahara rumah tangga. Jika sudah begitu, hilanglah kebahagiaan dan ketenangan yang telah ada.

Untuk itulah, Sakinah edisi ini mengangkat masalah tersebut. Semoga sajian ini bisa menjadikan para pembaca lebih bijak dalam mengolah prasangka sehingga tidak menjadi pemicu prahara dalam rumah tangga.(***)

Sumber: Beranda Majalah Nikah Sakinah Vol. 11 No. 6

 

DAFTAR ISI MAJALAH NIKAH SAKINAH VOL. 11 NO. 6

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to top