Majalah Sakinah Vol. 11 No. 7

Mari shalat, Nak!

Membiasakan anak untuk mengerjakan shalat bukanlah perkara mudah. Tak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan dalam melakukannya. Padahal, perintah nabi telah jelas dalam sabda beliau n, “Perintahkan anak itu (mendirikan) shalat ketika ia telah sampai (umur) tujuh tahun. Dan jika telah sampai sepuluh tahun maka pukullah dia.” (Hadits Riwayat at-Tirmidzi dan al-Hakim, shahih atas syarat Muslim).

Namun, betapa susah dan beratnya, kita mesti berusaha sekuat tenaga untuk berusaha melakukannya. Sebab, bila kita tidak menyuruh mereka mengerjakan shalat pada umur yang telah disebutkan, berarti kita telah bermaksiat kepada Nabi n.

Pada umur tujuh tahun, selain pendidikan orang tua, mereka juga akan mendapatkan pelajaran dan kebiasaan dari guru-guru serta pengaruh dari teman-temannya. Apa yang kita tanamkan dan ajarkan selama 7 tahun itu akan selaras dan sejalan dengan pendidikan di sekolah, bila sekolah mengajarkan shalat dan mempraktikkan secara berjamaah. Itulah mengapa, sangat penting bagi kita untuk mencarikan sekolah yang di dalamnya ada fasilitas dan dukungan untuk shalat berjamaah.

Selain itu, kita juga harus menyadari betapa seriusnya masalah jiwa anak yang meremehkan kewajiban shalat. Kita upayakan supaya anak-anak tumbuh kesadarannya bahwa shalat itu merupakan kewajiban setiap muslim, bahkan pembeda antara mukmin dan kafir. Sehingga,  kita suruh mereka shalat sejak 7 tahun dengan memberikan kesadaran bahwa perintah itu nilainya  lebih wajib dibanding sekadar mengerjakan pekerjaan rumah (PR) -namun jangan sampai kita  mengajari mereka untuk menyepelekan PR-.

Semoga pembahasan Sakinah edisi ini membuat pembaca sekalian untuik lebih menyadari betapa penting dan beratnya perintah ini. Dan semoga kita diberi kemudahan untuk\bisamelaksankannya. Sebab, anak-anak merupakan salah satu amanah yang akan diminta pertanggungjawabnya.

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيًّتِهِ
“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya. ” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Setidaknya, tiap kali kita shalat berjamaah ke masjid, ajak anak-anak anda untuk turut serta. (***)

Sumber: Beranda Majalah Nikah Sakinah Vol. 11 No. 7

 

Daftar Isi Majalah Nikah Sakinah Vol. 11 No. 7

Tagged under: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top