Majalah Sakinah Vol. 12 No. 2

cover-1305-350px

Mungkinkah Tanpa Bentakan?

Mungkin kita seringkali menggunakan bentakan sebagai senjata dan jalan pintas agar orang lain mengikuti kemauan kita. Dan yang paling sering menerima, buah hati kita. Padahal, membentak bukanlah tindakan yang baik. Berbagai tulisan tentang dampak buruk akibat bentakan, sudah banyak beredar. Tak hanya bentakan, bahkan mungkin pukulan juga kita lakukan.

Lantas, mengapa kita terasa sulit untuk tidak melakukannya? Bisa jadi kita menganggap bahwa itu tindakan yang paling efektif untuk melakukan pemerintah atau larangan. Atau, karena kita memang sudah terbiasa melakukannya?

Untuk itulah, pada edisi ini Sakinah mengupas tentang bentakan-bentakan yang sering terdengar dalam rumah tangga. Pembaca bisa  menyimak bagaimana melarang tanpa membentak, indahnya rumah tangga tanpa bentakan dan bagaimana menggunakan bentakan di saat diperlukan. Semoga sajian kali ini benar-benar bisa memuaskan pembaca sekalian.

Selanjutnya, marilah kita renungkan sabda Rasulullah n berikut ini,

إِنَّ اللهَ إِذَا ارَادَ بِاهْلِ بَيْتٍ خَيْرًا أَدْخَلَ عَلَيْهِم الرِّفْقَ
“Sesungguhnya jika Allah menghendaki kebaikan bagi sebuah keluarga maka Allah akan memasukan kelembutan kepada mereka.” (Riwayat Ahmad dan dishahikan oleh al-Albani rahimahullah dalam ash-Shahihah no 523)

Nah, jika kondisi rumah tangga kita selalu dipenuhi dengan suara keras, lantang, kekasaran, bentakan atau bahkan pukulan terhadap anak-anak, kita harus waspada. Bisa jadi kita sedang jauh dari kebaikan.

Untuk itu, marilah kita ubah sikap kita dan kita usahakan memperbaiki kondisi rumah kita. Mari kita penuhi rumah kita dengan senyuman dan kelembutan, niscaya Allah akan menebar kebaikan dalam keluarga kita. Amiin. (***)

Sumber artikel: Beranda Majalah Sakinah Vol. 12 No. 1

Daftar Isi Majalah Sakinah Vol. 12 No. 1 :

daftarisi-1305-500px

Tagged under: , , , ,

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top