Majalah Sakinah Vol. 12 No. 3

GURU SPIRITUAL SEJATI, PENENTRAM HATI

Pembicaraan guru spiritual, sempat menghangat beberapa waktu lalu. Namun, guru spiritual yang dibicarakan lebih mirip dengan sosok dukun  atau para normal. Padahal, guru spiritual itu adalah seseorang yang sering dijadikan referensi atau panutan bagi kebutuhan spiritual/rohani seseorang. Sementara dukun merujuk pada seseorang yang memiliki kemampuan supranatural tertentu. Namun, kemampuan itu bisa juga digunakan untuk hal-hal yang merugikan, seperti santet, pesugihan, dan lain-lain.

cover-1306-350pxPembaca sekalian, keberadaan guru spiritual atau pembimbing agama/ustadz memang diperlukan. Sebab, banyak masalah agama yang belum kita ketahui atau pahami. Allah berfirman, “maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (an-Nahl: 43)

Nah, seperti apa sosok guru spiritual sejati itu? Apakah yang bisa memberikan solusi di kala sempit rezeki atau yang dapat membantu menghilangkan musibah yang sedang menimpa seseorang? Dalam sajian kali ini, pembaca juga dapat menyimak pendapat para responden Sakinah mengenai keberadaan guru spiritual. Dan yang tak kalah menarik, pembaca juga dapat mengetahui seperti apa sosok seorang guru spiritual palsu.

Selain itu, pembaca jangan mudah tertipu dengan istilah. Ada kalanya paranormal melakukan shalat dan rajin puasa. Tapi, tata cara ibadah yang mereka laksanakan tidak sesuai yang dicontohkan Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – . Mereka mengutamakan sesuatu yang kecil dengan mengabaikan yang wajib. Untuk itu, jangan sampai pembaca dalam mencari guru spiritual.

Pembaca, tak terasa kita akan memasuki bulan suci Ramadhan lagi di tahun ini. Marilah kita bersiap diri untuk menyambut bulan suci ini. Inysa Allah Sakinah akan mengangkat masalah seputar puasa yang semoga bisa dijadikan bekal para pembaca semua. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 12 No. 3

DAFTAR ISI:

daftarisi

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top