Majalah Sakinah Vol. 12 No. 4

Godaan Itu Bernama Keluarga

Mungkin kita sering berpikir, mengapa begitu mudah hal-hal yang menyulut emosi lebih gencar datang di bulan Ramadhan? Padahal tentu kita ingin menjaga ibadah puasa agar tetap khusyuk. Tak dapat dipungkiri, hal terberat dari puasa bukan saja menahan lapar dan dahaga, melainkan menahan emosi. Ketika puasa, kita berada dalam keadaan tidak terlalu nyaman karena lapar dan haus. Otomatis, ketidaknyamanan ini membuat emosi mudah terpicu. Kondisi ini ditambah lagi penyulut emosi di bulan suci tampak tak kunjung habis.

cover-1307-350pxDan penyulut emosi yang paling sering dan dekat dengan kita adalah keluarga kita sendiri! Apalagi bagi pasutri yang anaknya masih kecil. Kerewelan mereka, seringkali membuat tidak sabar dan memicu emosi orang tua. Demikian juga yang remaja, sikapnya yang susah diatur merupakan penyebab keluarnya amarah. Belum lagi dari pasangan kita yang terkadang melontarkan kalimat-kalimat yang bisa menyinggung perasaan dan membuat hati tak nyaman.

Untuk itulah, pada edisi Ramadhan 1435 H ini, sakinah menyajikan tema “Gangguan puasa dalam keluarga.” Semoga dengan pembahasan ini, kita bisa meredam amarah dan emosi yang dipicu oleh keluarg kita sendiri. Sehingga, puasa kita bisa sempurna. Selain itu, maksiat-maksiat yang lain wajib kita hindari. Karena kita semua tentu tidak ingin puasa kita sia-sia, sebagaimana yang telah diperingatakan oleh Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Betapa banyak orang berpuasa yang hanya memetik lapar dan dahaga.”(Riwayat Ibnu Majah), al-Hakim dan dia menshahihkannya. Al-Albani – rahimahullah – berkata, “Hasan Shahih.”

Ibnu Rajab – rahimahullah – juga mengatakan,
أَهْوَنُ الصِّيَامُ تَرْكُ الشَّرَابِ وَ الطَّعَامِ
“Tingkatan puasa yang paling rendah hanya meninggalkan minum dan makan saja.”

Pada akhirnya, selamat menjalankan puasa, semoga Allah memudahkan dan memberi kelancaran pada kita dalam menjalankan ibadah ini. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 12 No. 4

DAFTAR ISI MAJALAH SAKNIAH Vol. 12 No. 4

daftarisi-12-4

Tagged under: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top