Majalah Sakinah Vol. 12 No. 5

Curhat Pada Tempatnya

Taqaballahu minna wa minkum, semoga Allah menerima ibadah-ibadah kita semua. Mengawali bulan Syawal ini,marilah kita berusaha meningkatkan kualitas ibadah kita sebagaimana yang  telah kita latih sebulan penuh selama bulan Ramadhan. Selain itu, beberapa latihan pengendalian diri juga telah dilakukan selama bulan Ramadhan.

Pembaca scover-1308-350pxekalian, di bulan Syawal ini kami angkat tema tentang “Curhat Tercela di Dunia Maya”. Benar, mungkin para pembaca pun pernah menemukannya. Coba diingat, berapa kali para pembaca melihat update status dari teman-teman pembaca yang isinya tentang masalah keluarga atau aib orang lain?  Inilah yang kami maksud dengan curhat tercela di dunia maya.

Padahal, daripada curhat melalui media sosial, pasutri akan lebih baik jika menyelesaikan dahulu masalah yang dihadapinya. Janganlah  ragu untuk mendiskusikan setiap masalah penting dan mengekspresikan keinginannya masing-masing. Hendaknya pasutri selalu berusaha untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan membina komunikasi yang terbuka dan saling menghargai.

Seorang ulama salaf berkata, “Aku mendapati orang-orang yang tidak memiliki cacat/cela, lalu mereka membicarakan aib manusia maka manusia pun menceritakan aib-aib mereka. Aku dapati pula orang-orang yang memiliki aib namun mereka menahan diri dari membicarakan aib manusia yang lain, maka manusia pun melupakan aib mereka.” (Jami’ul Ulum Wal Hikam (2/291))
Inilah salah satu manfaat saat pasutri tidak dengan mudah menyebar aib pasangannya. Selain itu, tentu kita masih ingat sabda Rasulullah tentang keutamaan menutup aib orang.
“Siapa yang melepaskan dari seorang mukmin satu kesusahan yang sangat dari kesusahan dunia niscaya Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan dari kesusahan di hari kiamat. Siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memudahkannya di dunia dan nanti di akhirat. Siapa yang menutup aib seorang muslim niscaya Allah akan menutup aibnya di dunia dan kelak di akhirat. Dan Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu menolong saudaranya….” (Riwayat Muslim no. 2699)

Baiklah pembaca sekalian, semoga sajian ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol 12 No. 5

DAFTAR ISI:
daftarisi-1308

Tagged under: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top