Majalah Sakinah Vol. 12 No. 6

Mari bershalawat!

Mungkin pembaca sekalian pernah menemui spanduk-spanduk atau baliho yang berisi tentang ajakan menghadiri shalawat di kota atau daerah tertentu. Dan biasanya, acara tersebut dipimpin oleh pemuka agama yang katanya masih keturunan ahlul bait. Bisa jadi para pembaca sekalian tak hanya menjumpainya sekali atau dua kali. Bahkan mungkin berkali-kali.

cover-1309-1206-350pxAdakah dari pembaca sekalian yang bertanya, apakah shalawat itu mesti dilakukan dengan cara seperti itu? Ternyata memang tidak harus demikian. Membaca shalawat tidak perlu dilakukan secara berjamaah. Sebaliknya, cukup praktis dan mudah. Anda bisa melakukan sendirian. Sebagaimana perintah shalawat yang bersumber dari firman-Nya:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (al-Ahzab : 56)

Lantas, bagaimana kita bershalawat? Memang dari ayat tersebut tidak menegaskan salah satu bentuk shalawat tertentu saat seseorang hendak bershalawat. Namun, Rasulullah mencohtohkannya ketika para shahabat menanyakan cara bershalawat pada beliau1 :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

(Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, inna-Ka Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, inna-Ka Hamiidum Majid).

Nah, cukup mudah dan sederhana bukan cara bershalawat pada Rasulullah n? Dan hal yang mudah ini ternyata punya banyak manfaat bagi kita. Apa saja manfaat-manfaat itu? Silakan simak Sakinah pada edisi ini, “Keluarga Bershalawat”. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol 12 No. 6

DAFTAR ISI:

daftarisi-1309-1206-full

 

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top