Majalah Sakinah Vol. 12 No. 8

Rezeki Pun Bisa Tertahan

Rezeki bisa tertahan atau terhalang? Kok bisa? Begitulah, mungkin di antara pembaca punya pertanyaan yang sama. Memang benar, Allah bisa saja menyempitkan rezeki bagi siapa saja yang Dia kehendaki.

cover-1311-1208-350pxUntuk itulah, Sakinah mengangkat tema seputar penghalang rezeki yang hendaknya kita ketahui. Pembaca juga bisa mengetahui amalan-amalan pembuka rezeki di rubrik “lentera 2”. Selain itu, penjelasan tentang mengapa rezeki mesti kita cari (meskipun telah ditentukan) bisa dibaca di rubrik “fikih keluarga”.

Pembaca sekalain, meski rezeki yang kita terima terasa kurang lancar, hendaknya kita tetap bersyukur. Kita mesti ingat bahwa apa yang diberikan Allah berikan kepada kita adalah yang terbaik bagi kita.

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

 “Dan jika Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan rezeki-Nya sesuai dengan ukuran yang Ia kehendaki.. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat”. (as-Syura : 27)

Pembaca sekalian, di saat rezeki sempit, tidak seharusnya seorang muslim percaya dan menggunakan jimat. Ini merupakan amalan orang yang merugi di dunia dan akhirat. Rugi di dunia, karena rezeki tidak kunjung datang kepada mereka. Kerugian di akhirat pun akan dia temui, karena dirinya termasuk golongan yang hina karena membiarkan hatinya bersandar, percaya dan bergantung pada jimat, sesuatu yang tidak mampu mendatangkan manfaat, tidak pula mudharat. Allah ta’ala berfirman,

“Apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu? Atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka mampu menolak rahmat-Nya? Katakanlah, “Cukuplah Allah bagiku.” Kepada-Nyalah orang-orang yang berserah diri bertawakal.” (az-Zumar: 38)

Akhirnya, selamat membaca. Semoga sajian ini membawa kebaikan bagi kita semua. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 12 No. 8

—————————————–

Daftar Isi:

daftarisi-1311-1208

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top