Majalah Sakinah Vol. 12 No. 11

Cinta Tanpa Benci

Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda,
“… Aku ingatkan kalian pada Allah tentang (hak-hak) keluargaku.” (Riwayat Muslim no. 6378)

cover-1402-1211-350pxSebagai seorang muslim kita pun seharusnya memerhatikan dan merealisasikan perintah tersebut. Imam al-Baihaqi – rahimahullah – berkata, “Termasuk sikap mengagungkan Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam – adalah menghormati para keluarganya serta anak-anak kaum Muhajirin dan Anshar.” (Syu’abul Iman 2/228)

Untuk itu, sangat disayangkan bila di antara pembaca ada yang belum mengerti siapa sajakah yang termasuk keluarga Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam -. Bagaimana bisa cinta dan sayang, sedangkan mengenal pun tidak?

Qadarullah, inilah yang terjadi pada beberapa responden Sakinah! Saat ditanya tentang Ahlul Bait nabi, mereka tak mampu menjawabnya. Penasaran? Silakan baca pada rubrik “opini”.

Pembaca sekalian, para ulama kita benar-benar memberi teladan dalam mencintai ahlul bait nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam -. Salah satunya, Syekh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab – rahimahullah -. Tak hanya dalam perkataan, rasa cinta beliau pada ahlul bait juga tercermin dari nama-nama anak beliau. Benar, beliau menamakan anak-anak beliau dengan nama-nama ahlul bait. Di antara putra-putri beliau ada yang bernama Ali, Hasan, Husain, dan Fathimah. (lihat kitab Ulama Najd 1/155).

Namun, adalah sesuatu yang mengherankan jika ada kelompok sempalan yang mengaku-ngaku lebih mencintai ahlul bait nabi dibanding Ahlus Sunnah wal Jamaah. Padahal, sejatinya mereka hanya membual saja. Bahkan mereka memperlakukan ahlul bait secara diskriminatif. Memuji sebagain kecil dari ahlul bait secara berlebihan, namun mengafirkan dan menghina sebagian yang lain.

Semoga dengan pembahasan ini, kita semakin memahami dan mencintai para ahlul bait nabi dengan kecintaan yang benar tanpa kebencian yang serampangan.

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 12 No. 11

DAFTAR ISI:

daftarisi-1402-1211

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top