Majalah Sakinah Vol. 12 No. 12

Nikah Cerai ala Selebriti

Setiap pasutri sebenarnya alergi bila mendengar kata ”cerai” . Sebab, agama kita membenci adanya perceraian. Namun sayang, perceraian ini tak jarang terjadi meski usia pernikahan baru seumur jagung. Dan di kalangan selebriti, sepertinya hal ini mulai banyak terjadi.

cover-1403-1212-350pxSebagai contoh, ada pasangan selibriti yang sudah berpacaran bertahun-tahun, namun yang mengherankan usia pernikahan mereka tidak lebih lama dari usia berpacaran. Saat ditanya tentang penyebab perceraian mereka, jawabnya tak ada kecocokan. Atau, ada lagi yang pernikahan mereka baru seumur jagung, tak dinyana-nyana kandas berakhir dengan perceraian.

Beberapa contoh perceraian tadi tidak sepantasnya untuk ditiru. Sebab pernikahan merupakan ikatan mulia yang tidak semestinya disia-siakan dengan begitu mudah membuka pintu perceraian. Apalagi bagi wanita, tidak dibenarkan meminta cerai tanpa alasan yang dibenarkan. Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam - bersabda,

أيُّما امرأةٍ سألت زوجَها طلاقاً فِي غَير مَا بَأْسٍ؛ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الجَنَّةِ

“Wanita mana saja yang meminta kepada suaminya untuk dicerai tanpa kondisi mendesak maka haram baginya bau surga.” (Riwayat Abu Dawud no 1928, at-Thirmidzi dan Ibnu Maajah, dan dishahihkan oleh Syekh Albani – rahimahullah – )

Untuk itu, pada edisi ini Sakinah mengangkat tema terkait nikah-cerai ala selebriti. Harapan kami, Pembaca dapat lebih mengerti tentang kapan seharusnya perceraian itu boleh ditempuh dan konsekuensi apa yang terkait dengannya. Dan dalam rubrik “fikih keluarga”, kami kupas juga tentang kawin kontrak. Apakah dihalalkan model pernikahan semacam ini? Temukan jawabannya di rubrik tersebut.

Pembaca Sakinah sekalian, pada akhirnya kami tidak bisa lagi mempertahankan harga majalah ini. Untuk itu kami mohon maaf karena pada edisi ini majalah kesayangan kita ini mengalami kenaikan harga. Semoga kenaikan ini tidak menyurutkan minat baca pembaca terhadap majalah Sakinah. Dan kami akan berusaha melakukan pembenahan dan perubahan sehingga kualitas majalah ini semakin baik. Akhirnya, selamat membaca! Semoga sajian kali ini semakin menambah pengetahuan kita tentang agama kita yang mulia ini. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 12 No. 12

DAFTAR ISI:

daftarisi-1403-1212

Tagged under: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top