Majalah Sakinah Vol. 14 No. 10

Seberapa Luas Kesabaran Kita?

Sabar adalah amalan yang agung, sampai-sampai Allah katakan bahwasanya Dia bersama orang yang sabar.

وَاصْبِرُوا إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Dan bersabarlah! Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (al-Anfal:46)

Dari ayat ini dapat kita katakan, ketika kita memilih untuk tidak bersabar berarti kita telah memilih untuk melepaskan kebersamaan Allah berupa rahmat dan perlindungan-Nya.

COVER SAKINAH JANUARI 2016 -350pxDan hakikatnya, kesabaran itu tidak memiliki batas sebagaimana ganjaran yang Allah sediakan bagi mereka yang bersabar pun tidak memiliki batas. Allah berfirman,

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (az-Zumar: 10)

Umar bin Khaththab – radhiyallahu ‘anhu – berkata, “Kami mendapati keutamaan hidup dengan bersabar, kalau sabar itu adalah seorang laki-laki maka tentulah ia sangat mulia.”

Ali bin Abi Thalib – radhiyallahu ‘anhu – pernah menuturkan, “Ketahuilah, bahwasanya (perumpamaan) sabar dengan iman seperti kepala dengan badan. Jika kepalanya terpotong maka binasalah badannya.”

Oleh karena itu, semestinya kita berusaha terus untuk bisa bersabar. Sabar dalam segala hal dan termasuk juga sabar ketika mendidik keluarga.

Nah, dengan kehadiran Sakinah pada edisi ini yang mengangkat tema “ mari belajar untuk bersabar” , semoga pembaca sekalian bisa lebih termotivasi untuk belajar bersabar.

Akhirnya, selamat membaca! Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: Beranda Majalah Sakinah, Vol. 14 No. 10

daftarisi-sakinah-jan16-687px

Tagged under: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top