Majalah Sakinah Vol. 15 No. 2

Jangan Remehkan Kebaikan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata pada Jabir bin Sulaim,

وَلاَ تَحْقِرَنَّ شَيْئًا مِنَ الْمَعْرُوفِ وَأَنْ تُكَلِّمَ أَخَاكَ وَأَنْتَ مُنْبَسِطٌ إِلَيْهِ وَجْهُكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنَ الْمَعْرُوفِ

“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (Riwayat Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Al-Hafizh Ibnu Hajar menyatakan bahwa hadits ini shahih).

5. COVER MEI 2016-350pxSyekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin – rahimahullah – ketika menjelaskan penggalan hadits di atas mengatakan, “Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam – memerintahkan pada Jabir bin Sulaim agar tidak meremehkan kebaikan sekecil apa pun. Setiap kebaikan hendaklah dilakukan baik itu ucapan maupun perbuatan. Kebaikan apa pun jangan diremehkan. Kebaikan itu adalah bagian dari berbuat ihsan. Allah mencintai orang-orang muhsin (yang berbuat baik).

Nah, pada edisi ini Sakinah mengankat tema “10 amalan sederhana berbuah surga”. Semoga dengan dibahasnya tema ini,pembaca sekalian semakin semagangat untuk berbuat kebaikan dan tidak meremehannya.

Pembaca sekalian, di edisi ini pula kami menghadirkan kembali rubrik “sejarah” yang berisi sejarah perjalanan hidup nabi n. Namun, untuk rubrik “Tarbiyah” untuk sementara kami tiadakan dulu. Sebab, rubrik “Bina Anak Shalih” menurut kami lebih cocok untuk mengganti rubrik “Tarbiyah” tersebut.

Pembaca sekalian, tak terasa Ramadhan sebentar lagi tiba. Sudah siapkah kita menjemputny? Insya Allah kami akan menghadirkan sajian istimewa untuk menyambut puasa. Dan semoga kita semua bisa menemui Ramadhan di tahun ini. Amiin. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 2

daftarisi

Tagged under: ,

Back to top