Majalah Sakinah Vol. 15 No. 3

Agar Puasa Lebih Bermakna

Bagaimana perasaan Anda saat Ramadhan akan tiba? Gembira atau sedih? Sebagai seorang muslim tentu kita akan menyambutnya dengan suka cita. Sebab, bagaimana mungkin seorang yang beriman tidak akan bahagia,bila mengetahui begitu banyak ladang amalan yang dilipatgandakan pahalanya di bulan ini.

COVER JUNI 2016 - 350pxDari Abu Hurairah – radhiyallahu ‘anhu –, beliau berkata, Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda,

أتاكُم رَمضانُ شَهرٌ مبارَك ، فرَضَ اللَّهُ عزَّ وجَلَّ عليكُم صيامَه ، تُفَتَّحُ فيهِ أبوابُ السَّماءِ ، وتغَلَّقُ فيهِ أبوابُ الجحيمِ ، وتُغَلُّ فيهِ مَرَدَةُ الشَّياطينِ ، للَّهِ فيهِ ليلةٌ خيرٌ من ألفِ شَهرٍ ، مَن حُرِمَ خيرَها فقد حُرِمَ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah Ta’ala wajibkan kalian untuk berpuasa padanya, dibukakan padanya pintu-pintu langit, ditutup pintu-pintu neraka Jahim, dan dibelenggu setan-setan yang membangkang. Pada bulan tersebut, Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (seseorang beribadah selama itu). Barangsiapa terhalang dari kebaikannya, sungguh ia orang yang terhalang (dari seluruh kebaikan)”. (Riwayat an-Nasa-i (2106) dan Ahmad (12/59))

Untuk itu, kami memilih tema “Bekal Istimewa Menyambut Puasa” di edisi Ramadhan tahun ini.

Semoga kita semua bisa mengisi Ramadhan tahun ini dengan ketaatan dan amalan-amalan terbaik.

Pembaca sekalian, perlu diingat bahwa saat pelaksanaan ibadah hingga penyelesaiannya, hal terpenting yang perlu diperhatikan seorang hamba adalah ikhlas dalam beramal dan ittiba’ (mengikuti petunjuk) Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – . Pun saat kita menjalankan ibadah puasa.

Kemudian, usai puasa, yang harus dikerjakan adalah memperbanyak kuantitas istighfar (memohon ampunan Allah) atas kelalaian dalam pelaksanaan ibadah puasa tersebut. Di samping itu, kita harus meningkatkan intensitas hamdalah kepada Allah yang telah memberinya taufiq. Apabila seorang insan bisa memadukan antara hamdalah dan istighfar, maka dengan izin Allah Ta’ala amalan tersebut akan diterima oleh Allah.

Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa tahun ini degan sebaik-baiknya. Amiin. (***)

Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 3

daftarisi-sakinahjuni2016-700px

Tagged under: , , ,

Back to top