Majalah Sakinah Vol. 15 No. 11

Allah Maha Bijaksana

Al-Hakîm, salah satu nama Allah yang sangat indah, namun jarang dihayati oleh kaum Muslimin.

Imam Ibnu Katsir -rahimahullah- menjelaskan, al-Hakîm (Maha Bijaksana) maksudnya, (bijaksana) dalam semua perkataan, perbuatan,syariat maupun takdir-Nya. [1]

coverpebruari17ok-600pxSyekh ‘Abdur-Rahmân bin Nashir as-Sa’di -rahimahullah- (wafat 1376 H) ketika menjelaskan makna al-Hakîm pada surat al-Baqarah ayat 32 mengatakan: “Al-Hakîm, artinya Dzat Yang Maha memiliki hikmah sempurna. Tidak ada satu makhluk pun yang keluar dari lingkaran hikmah Allah, dan tidak ada satu perintah pun yang keluar dari lingkup hikmah-Nya. Allah tidak pernah menciptakan sesuatupun kecuali untuk suatu hikmah, dan tidak pernah memerintahkan sesuatupun kecuali untuk suatu hikmah. Hikmah ialah meletakkan sesuatu pada tempatnya yang pas”. [2]

Bertolak dari hal ini, Sakinah mengangkat tema “Berprasangka baik Kepada Allah” untuk edisi ini. Pembaca bisa menemukan ragam pembahasan seputar tema tersebut. Ada kiat-kiat agar bisa berprasangka baik pada Allah juga cara membedakan baik dan buruk yang dibahas dalam rubrik “fikih Keluarga”. Dalam dalam rubrik konsultasi pra nikah, pembaca dapat mempeoleh solusi ketika seorang remaja tergiur Valentine yang setiap bulan Pebruari hampir selalu dirayakan.

Pembaca sekalian, meskipun telah lama kami menyapa Anda bukan berarti kami luput dari kekurangan dan kesalahan untuk itu kritik dan saran selalu kami nantikan. Akhirnya selamat membaca!

[1] Tafsir Ibnu Katsir, Taqdîm: ‘Abdul-Qadir al-Arna’ûth, Dâr al-Faihâ`, Dimasyq dan Dâr as-Salâm, Riyadh, Cetakan I, 1414 H/1994 M.

[2] Taisîr al-Karîm ar-Rahmân fi Tafsîr Kalâm al-Mannân, Syaikh ‘Abdur-Rahmân bin Nashir as-Sa’di.

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 11

daftarisi

Tagged under: ,

Back to top