Majalah Sakinah Vol. 15 No. 12

Berbenah Untuk Berubah

Tiap orang terlahir dengan membawa watak dan sifat sendiri-diri. Ada yang punya watak bawaan yang baik. Namun tak sedikit pula yang punya sifat-sifat tidak baik. Dan untuk bisa mengubah watak tak baik tersebut butuh perjuangan yang tidak mudah.

COVER MARET 2017ok-500pxSalah satu cara untuk bisa mengubah sifat-sifat buruk kita adalah dengan melakukan evaluasi diri berupa muhasabah dan koreksi diri.

Diriwayatkan dari Umar bin al-Khaththab -radhiyallahu ‘anhu-, beliau mengatakan, “Koreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab dan berhiaslah (dengan amal shalih) untuk pagelaran agung (pada hari kiamat kelak)” [Riwayat Tirmidzi].

Diriwayatkan dari Maimun bin Mihran, beliau berkata, “Hamba tidak dikatakan bertakwa hingga dia mengoreksi dirinya sebagaimana dia mengoreksi rekannya” [Riwayat Tirmidzi].

Jika hal ini dilakukan, niscaya orang yang melaksanakannya akan beruntung. Karena bukanlah sebuah aib untuk rujuk kepada kebenaran.

Nah, dalam edisi ini sakinah mengangkat tema “ Mari belajar mendisiplinkan diri”. Semoga sajian ini bisa membuat kita bersemngat untuk mengubah diri menjadi lebih disiplin dan tidak menunda-nunda suatu perkara.

Selain itu, seorang dapat terbantu untuk mengevaluasi diri dengan mendengarkan nasihat atau masukan orang lain. Untuk itu jangan remehkan nasihat atau penilaian orang lain terhadap diri kita. Akhirnya, selamat membaca kritik dan saran selalu kami nantikan.

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 12

daftarisi-maret2017

 

Tagged under: ,

Back to top