Majalah Sakinah Vol. 16 No. 2

Mari Bertaubat Dengan Sesungguhnya

Taubat, kata ini sering kita dengar dalam ceramah-ceramah agama. Apalagi saat bulan Ramadhan tiba. Ya, memang tidak salah dan sudah semestinya ajakan untuk bertaubat itu terus disampaikan. Sebab, manusia mana yang luput dari kesalahan dan dosa? Sebaliknya, kesalahan dan dosa sering kali dilakukan manusia baik disadari maupun tak disadari.

COVER MEI 2017-600pxNamun, sudahkah kita melakukan taubat yang sebenar-benarnya (taubat nasuha)? Taubat nasuha tak semudah yang dibayangkan. Bahkan, berbagai rintangan dan godaan akan menghalangi pelakunya. Untuk itu, di awal bulan Ramadhan ini, Sakinah menyajikan tema terkait taubat nasuha. Semoga kita dimudahkan untuk melakukannya.

Pembaca Sakinah sekalian, untuk bisa melakukan taubat nasuha, kita harus meyakini bahwa Allah Maha mengetahui dan Maha melihat. Allah mengetahui segala yang tersembunyi dan yang disembunyikan di dalam hati. Meskipun kita tidak melihatnya, tetapi Dia pasti melihatnya.

Selain itu, usahakan untuk meninggalkan tempat-tempat kemaksiatan dan teman-teman yang berperangai buruk, yang biasa mendorong kita untuk berbuat dosa, serta memutus hubungan dengan mereka selama mereka belum berubah menjadi baik.

Pembaca Sakinah sekalian, perlu diketahui juga bahwasanya ada penghalang-penghalang bagi seseorang untuk melakukan taubat nasuha. Di antaranya adalah melakukan bid’ah dalam agama dan kecanduan minuman keras. Semoga kita terlindungi dari penghalang-penghalang itu.

Akhirnya, selamat menjalankan puasa! Marhaban yaa Ramadhan, Semoga di bulan Ramadhan ini kita benar-benar bersemangat menjadi hamba yang melakukan taubat nasuha.

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 16 No. 2

daftarisi

Tagged under: , ,

Back to top