Majalah Sakinah Vol. 16 No. 6

Pepatah mengatakan “tak ada gading yang tak retak”, tak ada manusia yang sempurna. Kenyataannya memang demikian, siapa pun dia selama dia disebut anak manusia, entah wanita ataupun lelaki, mesti ada kekurangannya, tidak ada yang sempurna dalam segala sisi.

COVER SEPTEMBER 2017-600px-Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda,

إِنَّمَا النَّاسُ كَاْلإِبِلِ الْمِائَةِ لاَ تَكَادُ تَجِدُ فِيْهَا رَاحِلَةً

“Manusia itu hanyalah seperti seratus ekor unta, yakni hampir-hampir dari seratus unta tersebut engkau tidak dapatkan satu unta pun yang bagus untuk ditunggangi.” (Riwayat al-Bukhari no. 6498 dan Muslim no. 2547)

Al-Khaththabi – rahimahullah – berkata, “Mereka menafsirkan hadits di atas dengan dua sisi.” Beliau lalu menyebutkan sisi pertama. Setelahnya beliau berkata, “Sisi kedua: mayoritas manusia itu memiliki kekurangan. Adapun orang yang memiliki keutamaan dan kelebihan jumlahnya sedikit sekali. Mereka seperti kedudukan unta yang bagus untuk ditunggangi dari sekian unta pengangkut beban.” (Fathul Bari, 11/343)

Dari hadits Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – tersebut, kita pahami bahwa jarang dijumpai orang yang terkumpul padanya segala kebaikan dan kelebihan. Demikian pula pasangan kita. Oleh karena itu mari kita berusaha mencari dan mengeksplorasi pesona-pesona terpendam dari pasangan kita. Dan inilah tema yang diangkat oleh Sakinah di edisi ini. Semoga kita bisa semakin mudah menerima kekurangan-kekurangan yang ada pada pasangan kita sehingga keluarga menjadi lebih harmonis tentunya.

Pembaca sekalian, tak terasa hari berganti bulan berlalu, Muharram datang lagi. Semoga dengan pergantian tahun ini kita bisa menjadi insan yang lebih baik. Amiin.

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 16 No. 6

daftarisi

Tagged under: , ,

Back to top