fikihkel

PERHATIKAN PONDASI AGAMA RUMAH ANDA

Dari ibnu ‘Abbas bahwa Nabi ﷺ bersabda,
“Ajarkan kalimat laailaha illallah kepada anak-anak kalian sebagai kalimat pertama dan tuntunkanlah mereka mengucapkan kalimat laa ilaha illallah ketika menjelang mati.”
(Riwayat Hakim)

Abdurrazaq meriwayatkan bahwa para sahabat menyukai untuk mengajarkan kepada nak-anak mereka kalimat “laa ilaha illallah” sebagai kalimat yang pertama kali bisa mereka ucapkan secara fasih sampai tujuh kali, sehingga kalimat ini menjadi yang pertama-tama mereka ucapkan.

Nabi ﷺ berwasiat kepada Mu’adz sebagimanan yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Ibnu Majah dan Bukhari dalam Adabul Mufrad, adalah, “Nafkahkanlah keluargamu sesuai dengan kemampuanmu. Janganlah kamu angkat tongkatmu di hadapan mereka dan tanamkanlah kepada mereka rasa takut kepada Allah.”

Demikianlah, hendaknya kita sebagai orang tua berusaha untuk menanamkan tauhid yang benar sebagi pondasi agama bagi keluarga kita.

Oleh karena itu, pada edisi ini Sakinah mengangkat tema tersebut. Harapan kami, semoga kelak akjan bermunculan generasi rabbani yang akan membawa kemuliaan bagi agama islam.

Semoga apa yang kami sajikan berguna dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Tak lupa selamat membaca! Kritik dan saran selalu kami nantikan.

Beranda Majalah Sakinah, Vol. 16 No. 9