prakerja

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah Indonesia mengeluarkan program bantuan bernama kartu prakerja 2022. Program tersebut diberikan agar dapat membantu kondisi finansial sekaligus pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang belum bekerja.

Di dalam program tersebut nantinya para pengguna dapat memperoleh bantuan bulanan beserta pelatihan yang tentunya sangat berguna. Melihat hal itu, antusiasme masyarakat pada program ini sangat tinggi.

Meskipun program ini dapat memberikan manfaat, rupanya masih banyak orang yang belum tahu tentang hal ini. Nah, bagi Anda yang belum tahu tentang program tersebut, simaklah informasinya di bawah ini.

prakerja

Apa Itu Kartu Prakerja 2022?

Program bernama kartu Prakerja ini merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberikan kompetensi kerja, meningkatkan daya saing kerja, serta peningkatan produktivitas. Nantinya, penerima akan diberikan modal pelatihan dan uang saku bulanan.

Di dalam program ini, para penerima bantuan dapat memilih berbagai macam platform untuk memulai pelatihan. Salah satu platform yang dapat dipilih pada program ini adalah Pijar Mahir.

Pada platform Pijar Mahir ditawarkan banyak sekali pelatihan di berbagai bidang untuk dapat dimanfaatkan oleh para penerima program Prakerja ini. Setelah pelatihan diselesaikan oleh peserta, pihak Pijar Mahir juga akan memberikan sertifikat resmi.

Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Prakerja 2022?

Setelah mengenal tentang apa itu program Prakerja, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana untuk mendaftarkan diri pada program tersebut. Sebenarnya, cara pendaftarannya sangatlah mudah dilakukan, hanya saja, tidak semua orang dapat dipilih untuk mengikuti program ini.

Di dalam program Prakerja telah dibuat aturan bahwa hanya terdapat 2 anggota dalam satu Kartu Keluarga saja yang bisa mengikuti program ini. Selain itu, proses pemilihan juga sepenuhnya diberikan kepada pihak penyelenggara.

Apabila sudah paham tentang hal tersebut, maka Anda bisa mengikuti program tersebut lewat cara berikut:

  • Pertama, daftarkan diri di prakerja.go.id dan selesaikan pendaftaran dan tes seleksi.
  • Apabila diterima prakerja, Anda akan diberikan Nomor Kartu Prakerja dan modal pelatihan
  • Setelah itu, Anda tinggal pilih saja pelatihan yang tersedia. Anda bisa memilih pelatihan di Pijar Mahir baik lewat situs prakerja maupun pijarmahir.id
  • Selanjutnya, pilihlah pelatihan yang diinginkan.
  • Jika sudah, pilih menu “Beli Sekarang” dan bayar menggunakan metode pembayaran kartu prakerja
  • Jika proses pembayaran selesai, Anda sudah dapat mengikuti pelatihan yang dibeli tersebut.

Kurang lebih seperti itu saja alur pendaftaran hingga membeli pelatihan di program kartu prakerja. Dari cara di atas, tentunya langkah tersebut sangat mudah dipahami sehingga Anda tidak akan menemui banyak kesulitan.

Kelebihan Program Prakerja 2022

Mengenai kelebihan dari program ini tentunya ada banyak sekali yang bisa Anda rasakan. Anda akan mendapatkan dana untuk mendaftarkan diri pada berbagai macam pelatihan berkualitas.

Selain itu, ada juga biaya bulanan sebesar Rp 600.000 yang akan diberikan setiap bulan selama 4 bulan mengikuti program. Tentunya dana tersebut sangat bermanfaat untuk mengembangkan skill atau memulai usaha.

Itulah tadi sekilas pembahasan tentang kartu prakerja 2022. Semoga dengan informasi tersebut Anda dapat lebih paham lagi tentang program prakerja yang diberikan oleh pemerintah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *