Siapa yang tidak tahu Tiktok? Aplikasi satu ini memang sedang naik daun saat ini. Tiktok adalah salah satu platform media sosial dengan konten khusus video pendek. Salah satu kebanggaan dari seorang pengguna Tiktok adalah ketika masuk FYP (For Your Page) karena video tersebut akan dilihat oleh banyak orang. Lalu, bagaimana cara FYP di Tiktok meskipun masih pemula?

Sebelum membahas cara untuk masuk FYP di Tiktok, Anda perlu mengetahui keuntungan apa saja yang akan didapatkan. Keuntungan yang paling jelas akan dirasakan adalah jumlah like dan komentar video yang naik secara drastis, bahkan hingga ribuan like. Imbasnya, jika video Anda bagus, maka kemungkinan akun Anda diikuti akan semakin besar dan yang paling menyenangkan adalah ketika video menjadi viral.

Cara Masuk FYP di Tiktok

Aplikasi Tiktok untuk Android

1. Menggunakan musik yang sedang populer

Fitur istimewa yang tersedia di platform Tiktok adalah dapat menambahkan latar belakang musik, baik itu dari galeri Anda maupun dari platform tersebut. Agar video Anda sukses masuk FYP, gunakan musik yang sedang populer. Sebagai contoh, ketika sedang viral lagu “Ampun Bang Jago”, Anda bisa membuat konten dengan tema lagu tersebut. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan video masuk FYP.

Agar tahu lagu apa yang sedang populer, mau tidak mau Anda harus sering-sering melihat kiriman di beranda Tiktok. Perhatikan juga jumlah like dan komentar di video tersebut. Biasanya lagu yang sedang populer liriknya akan sering dibahas atau digunakan di kolom komentar. Jadi, ini hanyalah tentang kemampuan Anda melakukan riset musik.

2. Menjunjung orisinalitas

Meskipun menggunakan musik yang sedang populer, bukan berarti ide konten video Anda harus meniru yang sedang populer. Dengan mengedepankan orisinalitas, video Anda akan terlihat lebih unik walaupun menggunakan musik yang digunakan banyak orang. Hal ini juga akan membangun personal branding akun Tiktok Anda sehingga orang-orang akan mengenal Anda dengan lebih mudah.

3. Mengikuti challenge yang sedang trending

Membuat video challenge juga bisa menjadi salah satu cara agar video Anda dapat masuk FYP di Tiktok. Untuk mengetahui challenge yang sedang trending tidak trending tidak terlalu sulit karena di beranda akan sering muncul. Sebagai contoh, pernah ada challenge bottle flip yang sedang populer. Hasilnya, para creator yang membuat konten tentang bottle flip bisa dengan mudah masuk FYP.

4. Menggunakan caption yang tepat

Meski konten utama Tiktok adalah video, bukan berarti elemen lainnya bisa diabaikan, salah satunya adalah caption. Usahakan upload video dengan caption yang menarik. Ciri caption yang bagus adalah relevan dengan video, tidak terlalu panjang, dan menggunakan bahasa yang enak dibaca. Cara ini memang terlihat sepele, namun jika Anda bisa memaksimalkannya, masuk FYP adalah sesuatu yang mudah.

5. Menggunakan hashtag populer

Selain caption, di Tiktok juga terdapat fitur hashtag. Fitur ini berguna agar sebuah video bisa masuk dalam daftar pencarian kata kunci tertentu. Cobalah untuk mengamati hashtag apa saja yang sering muncul di FYP. Setelah itu, buat konten video dengan tema hashtag tersebut. Cara ini akan membuat video Anda mudah untuk ditemukan dan berpeluang besar untuk masuk FYP.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar konten video Tiktok bisa masuk FYP. Mungkin hasilnya tidak akan langsung terlihat. Namun, dengan kegigihan dan terus berkarya, perlahan tapi pasti video Anda akan masuk FYP.