Dapur rumah merupakan ruangan yang sangat jarang terekspos oleh tamu atau orang yang berkunjung ke rumah anda, apalagi jika dapur anda terletak di ruangan yang paling belakang. Karena jarang terkepos dunia luar banyak pemilik rumah mengabaikan begitu saja suasana ruang dapur yang ada sehingga berdampak pada kenyamanan anggota keluarga yang akan beraktifitas di ruang dapur. Bagi anda yang ingin memiliki dapur rumah dengan suasana yang lebih enak dan lebih nyaman berikut kami memiliki beberapa tips khusus untuk anda

Panduan Menciptakan Ruang Dapur Yang Nyaman

1. Bersih

Unsur pertama yang harus dipenuhi jika ingin memiliki dapur rumah yang nyaman yaitu bersih. Bersih disini mencakup banyak hal seperti tempat sampah dapur yang tidak terlalu menumpuk, terbebas dari berbagai noda dan kerak akibat bekas makanan atau bahan makanan yang tidak langsung dibersihkan, kemudian tidak ada area yang basah atau tergenang air baik di lantai maupun di sekitar area tempat cuci piring dsb.

2. Rapi

Selain faktor kebersihan hal lain yang juga perlu dipenuhi yaitu kerapian atau istilahnya ringkas. Memang tak semua bisa menciptakan suasana ruangan yang rapi namun paling tidak sebaiknya setiap orang harus bisa menempatkan sesuatu sesuai pada tempatnya agar nyaman ketika dipandang mata.

3. Efektif

Efektif yang dimaksud yaitu memilah barang yang sering digunakan sehingga menjadi prioritas utama untuk diletakkan di ruang dapur. Secara tak disadari hal ini juga sangat penting karena jika semua peralatan diletakkan di ruang dapur maka dapur rumah anda akan terasa penuh sesak dengan peralatan-peralatan yang sebenarnya tak terlalu penting sehingga akhirnya akan membuat anda kesulitan ketika beraktivitas di ruang dapur. Selain itu lakukan juga penataan ruang dan penempatan peralatan pada posisi yang tepat yaitu yang mudah terlihat dan mudah dijangkau

4. Terbebas Dari Bau

Selain bersih dan rapi dapur yang bagus juga terbebas dari berbagai jenis bau yang tidak sedap. Bau tersebut dapat berasal dari sampah yang terlalu lama dibiarkan, bahan makanan yang sudah lama tidak digunakan atau hal lainnya yang dapat membuat dapur rumah anda memiliki bau yang tidak sedap dan mengurangi kenyamanan saat beraktifitas disana. Agar terbebas dari bau yang tidak sedap sebaiknya bersihkan ruang dapur secara rutin, segera buang sampah jika tempat sampah sudah hampir penuh dan berikan ventilasi yang cukup.

5. Konsep

Jika semua unsur diatas sudah bisa dipebuhi maka hal terakhir yang dapat anda lakukan untuk menciptakan ruang dapur yang lebih nyaman yaitu dengan menerapkan konsep ruangan. Konsep yang diterapkan pada ruang dapur ini berfungsi sebagai pemanis yang mampu membuat seseorang merasa lebih nyaman ketika berada di dapur.