Memiliki rumah dengan model minimalis pastinya akan menciptakan ruang yang minimalis pula di dalamnya sehingga akan menyulitkan kita untuk beraktivitas dan menyimpan barang-barang dalam satu ruangan. Jika ruangan tersebut tak memerlukan terlalu banyak perabotan seperti ruang tamu maka tak masalah tapi jika dalam suatu ruangan harus ada peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti ruang dapur maka pasti kita akan kesulitan untuk mengaturnya. Oleh karena itu diperlukan cara dan teknik tertentu agar bisa membuat ruangan yang sebenarnya sempit terasa menjadi lebih luas dan lega.

Tips Membuat Dapur Yang Kecil Dapat Memuat Banyak Barang

1. Tips yang pertama yaitu dengan membuat tempat gantungan pada dinding dapur untuk meletakkan alat-alat dapur seperti panci, penggorengan, pisau dan lain sebagainya. Selain mampu menghemat ruang cara ini juga membuat dapur rumah anda terkesan unik.
2. Manfaatkan pintu lemari atau pintu laci sebagai tempat menyimpan berbagai bahan masakan yang jarang digunakan seperti bumbu atau tepung tertentu sementara untuk bahan yang sering digunakan bisa diletakkan tepat di dalam lemari atau laci untuk mempermudah pekerjaan.
3. Bagi anda yang memiliki ruang dapur yang benar-benar sempit dapat membuat rak gantung di dekat tempat cuci piring sehingga semakin mempermudah ketika selesai mencuci piring
4. Kemudian dinding kulkas yang kosong selain bisa digunakan untuk tempat menempelkan catatan, resep atau semacamnya dinding kulkas juga bisa dimanfaatkan untuk tempat meletakkan bumbu-bumbu daur dengan penambahan magnet agar tidak jatuh.
5. Tips yang terakhir untuk memuat dapur rumah anda yang kecil memuat lebih banyak barang yaitu dengan memakai alat-alat yang memiliki lebih dari satu fungsi contoh sederhananya seperti satu botol yang bisa menyimpan 2 hingga 3 jenis bumbu dsb.

Tips Untuk Membuat Dapur Yang Kecil Lebih Efektif Untuk Memasak

1. Manfaatkan ruang sebaik mungkin dengan menempatkan barang-barang yang diperlukan pada posisi tanpa membuang ruang secara sia-sia sedikitpun
2. Pilah dan pilih jenis barang dan peralatan memasak yang sering digunakan dengan yang jarang digunakan seperti peralatan membuat kue. Simpan peralatan yang jarang dipakai di ruangan lain yang lebih luas.
3. Jangan lupa sesuaikan pula jumlah dan bentuk barang yang ingin ditempatkan di dapur yang sempit
4. Buatlah suasana dapur rumah anda yang sempit memiliki pencahayaan yang maksimal karena pencahayaan yang kurang dapat semakin membuat dapur rumah anda terkesan sempit
5. Ciptakan kreasi-kreasi inovatif yang dapat memberikan kesan dapur rumah anda terlihat luas seperti pemilihan warna peralatan dapur yang dikamuflasekan dengan warna cat dinding, pemanfaatan alat-alat yang multiguna dan lain sebagainya.
6. Mencari dan mencoba konsep-konsep baru agar pikiran kita semakin luas sehingga tidak terikat dengan cara penataan ruang yang selama ini anda gunakan.