Bekerja adalah cara seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Uang sebagai alat tukar untuk mendapat barang kebutuhan didapat dengan cara bekerja. Pekerjaan yang dilakukan pun beragam. Ada pekerjaan yang mengandalkan kekuatan fisik, ada pula pekerjaan yang memerlukan kecerdasan dan ketepatan untuk berpikir.

Jenis-jenis pekerjaan tersebut memiliki gaji yang bervariasi. Tergantung dari tingkat kesulitan yang dimiliki. Tidak sedikit perusahaan yang mempekerjakan seseorang karena keahlian fisik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pekerjaan bisa didapat di dalam atau luar negeri. Bekerja di luar negeri sudah banyak dilirik oleh orang-orang karena anggapan bahwa uang yang nantinya didapat akan jauh lebih besar daripada bekerja di dalam negeri. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Berikut ini beberapa hal yang harus diingat ketika bekerja di luar negeri.

1. Kebudayaan baru yang harus dihadapi

Berada di lingkungan dengan kebudayaan baru yang berbeda dengan kebudayaan lama yang dimiliki patut disyukuri, tapi tidak lupa untuk diantisipasi akibatnya. Hal yang harus disyukuri adalah kebudayaan baru tersebut menambah wawasan kita. Selain itu hal menguntungkan akan lebih terasa bila ternyata kebudayaan baru yang dihadapi lebih cocok dirasakan.

Namun, yang mengesalkan adalah ketika kebudayaan baru tersebut ternyata tidak sesuai dengan prinsip hidup yang selama ini diyakini, seperti contoh di Arab bersendawa dianggap sopan dan merupakan suatu bentuk pujian kepada koki. Berbeda dengan di Indonesia, sendawa dianggap tidak sopan.

2. Tempat hidup baru, biaya hidup pun baru

Suatu keuntungan bahwa bekerja di luar negeri memiliki nilai yang lebih besar bila dibandingkan dengan bekerja dalam negeri. Namun, hal tersebut juga masih harus diperhatikan. Tempat baru yang sekarang ditempati memiliki biaya hidup yang juga lebih tinggi. Gaji yang diterima harus bijak dikelola agar tetap dapat menanggulangi kebutuhan setiap bulannya.

3. Hal baru yang harus segera dipelajari

Berhubungan dengan poin pertama, ada banyak hal yang harus segera dipelajari sebagai upaya beradaptasi. Hal tersebut tentu saja menjadi hal yang menyenangkan karena banyak hal baru yang bisa dipelajari. Namun, sayangnya hal tersebut menjadi terbatas karena durasi waktu per hari yang relatif lama. Selain itu ada jangka waktu yang harus ditaati agar tidak mendapat permasalahan internasional yang biasa terjadi.