fikihkel

Jadilah Suami Yang Baik

Menjadi suami dan bapak ideal dalam rumah tangga tentu ini dambaan setiap lelaki. Namun, tentu saja ini tidak mudah kecuali bagi orang-orang yang dimudahkan oleh Allah Ta’ala. Sebenarnya, seperti apa sosok suami yang baik itu?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluargaku”. (Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Ash Shahihah (no. 285)

Mengapa anggota keluarga sebagai tolok ukurnya? Sebab jika seorang suami tidak bisa berbuat baik pada keluarganya, maka kepada siapa lagi dia akan berbuat baik? Bukankah keluarga ini yang paling berhak mendapatkan kebaikan dan kasih sayang dari kepala rumah tangga karena kelemahan dan ketergantungan mereka kepadanya?

Untuk itu, pada edisi ini Sakinah menyajikan tema “ Menjadi Sebaik-baik Suami”. Semoga kita sebagai suami dan kepala rumah tangga dimudahkan Allah untuk bisa meraih predikat tersebut.

Pembaca Sakinah sekalian, Ramadhan telah berlalu. Semoga kita diberi keistiqamahan untuk bisa selalu berada di jalan ketakwaan. Dan tak lama lagi, ada raya kedua bagi kita umat islam, yaitu idhul adha. Mari kita persiapkan semenjak sekarang agar kita mampu mempersembahkan hewan kurban yang terbaik.

Akhirnya, selamat membaca! Kritik dan saran selalu kami nantikan.