Apa Itu Konsep Dasar Akuntansi?

Saat mempelajari ilmu akuntansi, memahami dengan baik tentang konsep dasar akuntansi adalah hal yang krusial. Pasalnya, semua konsep tersebut merupakan sebuah landasan penting dalam penyajian informasi akuntansi.

Lebih jauh lagi, pemahaman pada konsep dasar tersebut diperlukan agar akuntan dapat terhindar dari membuat kesalahan dalam pencatatan. Seperti diketahui, akurasi pencatatan berpengaruh besar pada keuangan dan pengambilan keputusan perusahaan.

Oleh karena itu, untuk meminimalkan potensi terjadinya kesalahan tersebut, diperlukan pemahaman tentang konsep tersebut. Dengan begitu, setiap informasi yang diberikan bisa membawa perusahaan mengambil keputusan yang tepat.

Apa Itu Konsep Dasar Akuntansi?

Pengertian umum dari konsep dasar akuntansi adalah rangkaian peraturan atau landasan dasar, asumsi, serta kondisi yang berlaku untuk umum dalam menyusun laporan keuangan. Landasan dasar tersebut hukumnya wajib digunakan pada bisnis ataupun perusahaan.

Tujuan dari digunakannya konsep ini pada perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Menjaga keseragaman dan konsistensi saat membuat laporan keuangan
  • Menjadi indikator dalam menyiapkan dan menyimpan data-data transaksi penting keuangan bisnis
  • Menjadi suatu acuan peraturan umum yang wajib diterapkan oleh pelaku bisnis guna mendapatkan informasi keuangan komprehensif yang bisa dibandingkan antara satu dengan yang lainnya.
  • Memahami konsep dasar dapat membuat perusahaan terhindar dari potensi kesalahan pencatatan yang bisa menimbulkan kerugian atau bahkan kebangkrutan perusahaan.

Berbagai Macam Konsep Dasar Akuntansi

Berdasarkan macamnya, tentu konsep dasar pada ilmu akuntansi ini ada banyak sekali. Namun, inilah beberapa konsep yang mungkin penting untuk Anda pelajari dan pahami untuk bekal dalam memajukan perusahaan atau bisnis.

1. Konsep Dasar Accrual Basis

Konsep accrual basis merupakan suatu peristiwa bisnis yang langsung dikaitkan dan diamati dengan terjadinya peristiwa.

2. Konsep Cash Basic

Cash Basic merupakan perilaku ekonomi yang diakui ketika proses pembayaran kas dan dicatat pada buku akuntansi untuk kemudian dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan saat periode transaksi berlangsung.

3. Konsep Kesatuan Usaha

Konsep kesatuan usaha merupakan informasi tentang keuangan perusahaan yang cuma menyampaikan tentang masalah keuangan perusahaan tersebut saja seusai standar akuntansi. Jadi, yang disampaikan hanyalah keuangan intern perusahaan.

Pada konsep ini menyampaikan bahwa keuangan perusahaan dipisahkan antara keuangan direksi, karyawan, dan juga pemilik. Konsep tersebut pada akhirnya akan membuat perusahaan menjadi organisasi atau badan yang berdiri sendiri.

4. Kesinambungan

Konsep ini menjelaskan bahwa perusahaan menjalankan usahanya agar bisa berlangsung terus menerus. Pada proses menjalankan usaha tersebut, dari waktu ke waktu akan dibuat selalu laporan keuangan dari perusahaan.

Laporan keuangan tersebut akan disusun sesuai konsep dasar pada akuntansi. Nantinya, setiap laporan yang dibuat secara periodik dapat dibandingkan oleh perusahaan guna mendapatkan informasi tentang kemajuan ataupun kemunduran dari perusahaan.

Berdasarkan laporan yang dibuat, perusahaan akan mendapatkan data akurat mengenai beban dan naik turunnya pendapatan. Selanjutnya, dari laporan tersebut akan dibuat kebijakan atau strategi untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis.

5. Konsep Penetapan Beban dan Pendapatan

Konsep berikutnya yang perlu untuk diketahui adalah konsep penetapan beban dan pendapatan atau biasa dikenal dengan matching concept. Konsep ini berisi tentang penetapan pendapatan dan beban perusahaan yang diakui hanya di periode bersangkutan.

Hal itu akan membuat pendapatan dan beban perusahaan yang telah terjadi memang telah direalisasikan. Artinya, perhitungan tentang untung rugi yang diinformasikan dapat memberikan gambaran sebenarnya di suatu periode waktu tertentu.

Begitulah tadi berbagai macam informasi penting terkait konsep dasar akuntansi yang perlu dipahami. Bagi Anda yang ingin mempelajari tentang informasi terkait akuntansi lainnya, maka bisa kunjungi pada website GuruAkuntansi.co.id.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *