Memiliki rumah adalah keinginan setiap orang. Hunian yang nyaman untuk keluarga melakukan banyak kegiatan adalah apa yang diharap bisa menjadi kenyataan. Beberapa orang bahkan ada yang menyempatkan untuk benar-benar memikirkan bagaimana rumah yang sekiranya nyaman dengan banyak membaca buku atau melihat pameran properti.

Beberapa ruangan dalam rumah harus didesain sedemian rupa agar kegunaan dan fungsinya bisa maksimal. Seperti halnya ruang keluarga, ruang berkumpul dan bercengkerama. Ruang keluarga harus didesain agar anggota dapat merasakan kenyamanan. Di bawah ini ada beberapa contoh desain ruang keluarga yang mungkin bisa dijadikan pilihan nantinya.

1. Warna cokelat yang menenangkan

Bagi yang suka dengan hal sederhana, warna cokelat mungkin bisa dijadikan pilihan. Warna ini cukup sederhana dan tidak terlalu mencolok sehingga bisa membuat anggota keluarga yang berkumpul merasa nyaman. Perabotan yang digunakan juga bisa menyesuaikan warna dominan yang sudah dipilih. Agar ada sedikit variatif, warna cokelat yang dipilih bisa dibedakan dari tone colornya, ada yang cokelat muda, cokelat tua dan lain-lain.

2. Ruang kelurga yang dekat dengan kitchen bar

Ruang keluarga bisa dibuat berdekatan dengan kitchen bar. Waktu berkumpul dengan keluarga identik dengan makan cemilan bersama sambil bercengkerama. Hal tersebut akan dimudahkan dengan kitchen bar yang terletak dekat dengan ruang keluarga. Waktu yang dihabiskan bersama akan terasa semakin menyenangkan.

3. Ruang keluarga yang dijadikan satu dengan perpustakaan mini

Sangat baik menumbuhkan minat baca dalam keluarga. Apalagi minta baca tersebut didukung dengan banyaknya buku yang dimiliki keluarga. Tempat meletakkan buku-buku tersebut bisa diletakkan bersama dengan ruang keluarga. Waktu berkumpul dengan keluarga bisa diisi dengan membaca buku kegemaran masing-masing. Hal tersebut bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dan menambah pengetahuan masing-masing anggota keluarga.

4. Dinding dengan banyak pola

Ruang keluarga bisa divariasi dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan membuat beberapa pola di dinding ruang keluarga. Pola-pola tersebut bisa menjadi penarik perhatian semua anggota. Waktu berkumpul dengan keluarga akan terasa lebih menyenangkan dengan variasi seperti tersebut. Perabotan yang digunakan pun bisa mendukung konsep tersebut. Barang-barang minimalis dengan warna beragam bisa digunakan.

5. Pola stripe yang lain daripada yang lain

Selain pola-pola abstrak seperti di nomor sebelumnya, ada pula pola garis-garis yang bisa dijadikan dominasi di ruang keluarga. Warnanya pun tidak perlu warna-warni. Cukup hitam dan putih yang dijadikan tema warnanya. Dengan menggunakan pola tersebut, dijamin waktu berkumpul dengan keluarga semakin terasa mengasikkan. Pola garis-garis hitam dan putih bisa didukung dengan warna dominan putih pada dinding ruang keluarga.

6. Ruang keluarga lucu dengan karakter animasi yang menggemaskan

Seperti yang terlihat pada gambar, ruang keluarga yang mungil diisi dengan satu sofa yang menyesuaikan ukuran ruangan berwarna ungu. Hal yang membuatnya tampak lucu adalah dengan hadirnya karakter animasi. Karakter tersebut bisa diganti dengan karakter lain sesuai dengan kegemaran. Adanya karakter-karakter tersebut menambah kebahagiaan ketika keluarga sedang berkumpul.

7. Ruang keluarga yang sederhana tapi penuh dengan momen bahagia

Jangan pusing ketika memiliki ukuran ruang keluarga yang kecil. Hal tersebut bisa diatasi dengan pengaturan yang benar. Ruang keluarga kecil bisa disiasati dengan hanya menghadirkan satu sofa yang menyesuaikan ukuran ruang. Setelah itu, lengkapi keberadaan sofa dengan memberi karpet. Anggota keluarga yang sedang berkumpul bisa duduk lesehan sembari bercengkerama. Selain itu, bisa pula menambahkan satu rak mungil untuk meletakkan beberapa koleksi buku atau pajangan lainnya.