Semakin bertambah usia membuat banyak diantara kita yang memiliki aktivitas padat dengan berbagai tugas-tugas deadline yang harus diselesaikan. Tak jarang kepenatan ini membuat stres dan lelah menyerang. Akhirnya hal ini berdampak pada kualitas konsentrasi kalian yang menrurun dan tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tak lupa juga strategi manajemen waktu

Berikut adalah Langkah-Langkah yang Dapat Dilakukan untuk Tingkatkan Daya Konsentrasimu

1. Tentukan Prioritas

Diantara berbagai kegiatan atau tugas, urutkan mana yang harus dikerjakan berdasarkan prioritasnya. Tentu saja prioritasnya sendiri tergantung dari diri kamu sendiri, intinya utamakan pekerjaan yang penting dan harus cepat selesai terlebih dahulu. Hal ini supaya mencegah kamu harus mengerjakan beberapa pekerjaan berbeda sekaligus, bisa diselesaikan satu-satu. Dengan begini konsentrasi dapat meningkat karena pikiran tidak terbagi.

2. Buatlah strategi manajemen waktu

Penting sekali untuk selalu punya rencana apa yang akan dilakukan hari ini hingga esok. Bila kamu punya waktu luang anda bisa memanfaatkannya dengan mencatat schedule aktivitias di setiap jamnya. Hal ini penting supaya kamu bisa memilah kapan kamu harus fokus dengan tugasmu dengan saat istirahat seperti mungkin tidur siang, main gadget, internet, dan aktivitas santai lainnya. Jangan sampai jatah waktu saat mengerjakan tugas terganggu karena main hp. Percayalah itu mengganggu konsentrasimu dan membuang-buang waktu.

3. Istirahat yang cukup

Sebetulnya konsentrasi tidak akan terganggu jika kinerja otak dan tubuh masih berfungsi dengan baik. Ceritanya jadi berbeda ketika kamu berusaha berkonsentrasi untuk mengerjakan suatu hal dalam kondisi lelah dan mengantuk. Dalam pengaturan schedule biasakan untuk memberikan waktu untuk kamu istirahat, terutama tidur.

Manusia perlu untuk tidur idealnya 7-8 jam sehari, usahakan untuk penuhi hal tersebut. Untuk bisa memenuhi kebutuhan istirahat lebih baik memiliki pedoman “tidur lebih awal – bangun lebih awal” jangan memaksakan diri fokus mengerjakan tugas hingga larut, lebih baik tidur dulu, baru bangun lebih pagi untuk lanjut mengerjakannya lagi.