Sekilas Tentang Psoriasis dan Gejala

Gejala dan Penyebab Psoriasis Penyakit Yang Harus Diwaspadai

Penyakit yang menyebabkan peradangan pada kulit ini memang tidak boleh dianggap sebelah mata dan harus mengetahui penyebab psoriasis tersebut. Sebab apabila dibiarkan terus-menerus maka akan memicu ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Penyakit tersebut ternyata juga dapat menimpa siapapun mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Walaupun terjadi pada kulit, tetapi sifatnya tidak menular walaupun melakukan kontak langsung dengan penderitanya.

Sekilas Tentang Psoriasis dan Gejala

Sekilas Tentang Psoriasis dan Gejala

Seperti sudah disinggung sebelumnya, psoriasis merupakan penyakit peradangan kronis dan sifatnya adalah autoimun yang terjadi pada kulit. Kehadirannya akan membuat kulit menjadi bersisik, mudah terkelupas, menebal bahkan disertai dengan rasa gatal.

Dalam keadaan normal, proses pergantian sel kulit akan memerlukan waktu sekitar 1 bulan. Tetapi pada penderita psoriasis ternyata proses tersebut hanya terjadi pada beberapa hari saja. Karena pergantian sel kulit cepat itulah mengakibatkan terjadinya penebalan pada kulit.

Seorang pasien yang menderita penyakit autoimun tersebut biasanya juga akan menunjukkan sejumlah gejala penyakit psoriasis diantaranya adalah

  • Kulit mengalami kemerahan dan terasa tebal, bersisik sekaligus kering
  • Disertai dengan permukaan kulit pecah-pecah bahkan berdarah
  • Kuku menjadi tebal dengan tekstur tidak rasa
  • Persendian akan terasa bengkak bahkan kaku.

Kendati demikian, gejala yang muncul di atas mungkin akan berbeda-beda dan tergantung pada jenis penyakit dimana diderita oleh pasien.

Penyebab Psoriasis Yang Perlu Diperhatikan

Adapun penyebab psoriasis utama sebenarnya belum diketahui dengan jelas. Tetapi ternyata terdapat beberapa faktor dimana dapat memicu timbulnya masalah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Genetik

Penyebab pertama dimana memicu penyakit ini adalah karena faktor genetik. Gen sendiri mempunyai faktor cukup penting didalam fungsi fisiologis pada tubuh. Apabila salah satu gen mengalami kelainan ternyata akan mempengaruhi seluruh kerja dari sistem dan sel.

Autoimun

Di samping itu, autoimun ternyata juga menjadi penyebab lainnya dari psoriasis. Dimana penyakit autoimun adalah gangguan yang terjadi pada fungsi sistem imun seseorang dimana berbalik menyerang dan menghancurkan sel-sel didalam tubuh.

Stress

Bukan hanya karena factor genetic atau autoimun, tetapi stress ternyata juga mampu meningkatkan risiko psoriasis. Bahkan pada pasiennya, stress justru dapat menyebabkan kondisi semakin buruk karena dapat memicu gatal-gatal, pembengkakan hingga rasa nyeri pada tubuh.

Infeksi Jamur atau Bakteri

Adanya infeksi jamur sekaligus bakteri ternyata mampu menimbulkan penyakit ini semakin berburuk. Di samping itu, infeksi khusus seperti radang tenggorokan, sariawan hingga infeksi saluran pernapasan juga menjadi faktor risiko lainnya.

Cuaca

Faktor yang mampu meningkatkan terjadinya penyakit ini adalah cuaca. Apabila cuacanya cukup cerah memang dapat mengurangi gejalanya, sebaliknya apabila cuaca dingin justru dapat membuat kondisinya juga buruk.

Penyakit yang menyebabkan peradangan pada kulit inipun memang tidak bisa dianggap sepele begitu saja. Sudah paham apa sajak penyebab psoriasis tersebut? atasi penyakit kulit ini dengan menggunakan produk dari Laroche Posay.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.