Jarang Mengganti Oli Mesin Motor, Inilah Dampak Buruk yang Akan Menimpa Kendaraan Anda!

Sudah menjadi bagian paling penting dan umum bagi para pemotor bahwa mengganti oli mesin secara berkala Tidak sedikit orang yang belajar menggantikan oli mesin motor sendiriKesalahan! Referensi hyperlink tidak valid.dapat memberikan performa kendaraan lebih optimal. Bagi yang ingin mengganti oli mesin, bisa langsung cek caranya di https://ilti.idemitsu.com/id/cara-mudah-ganti-oli-motor-dan-mobil-yuk-coba-sendiri-di-rumah. Namun, apa jadinya jika oli mesin kendaraan tersebut justru jarang diganti? Jika Anda jarang mengganti oli mesin kendaraan, sudah pasti hal ini akan menjadikan mesin kendaraan bermotor tersebut akan mengalami kerusakan. Bahkan yang lebih parahnya lagi, motor kesayangan Anda akan mengalami berbagai dampak buruk di antaranya yakni sebagai berikut.

Kinerja mesin kendaraan yang menurun

Ketika Anda jarang mengganti oli mesin, maka dampak buruk yang paling utama dialami yakni menjadikan kinerja mesin motor menjadi menurun. Ini wajar terjadi lantaran cairan oli terbilang sudah lama dan tidak efektif untuk melumasi komponen mesin. Biasanya, cairan oli mesin yang sudah lama nantinya akan berubah warna menjadi hitam, kotor dan terlalu kental. Kondisi oli inilah yang nantinya bisa mengakibatkan performa mesin motor tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Menjadikan gerakan mesin lebih kasar

Pada dasarnya, oli mesin motor yang jarang diganti juga akan membawa pengaruh buruk selain menjadikan performa mesin menjadi menurun. Salah satunya yakni membawa dampak buruk pada kendaraan Anda berupa gerakan mesin motor yang jauh lebih kasar dari biasanya. Ini biasanya terjadi lantaran penyebab utama ada pada oli di dalam mesin yang memang sudah tidak bisa untuk melumasi setiap komponen mesin kendaraan dengan baik. Akibatnya, gerakan mesin yang ada menjadi lebih kasar dan berisik.

Membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros

Banyak orang yang ingin agar konsumsi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan dapat lebih irit. Ini bisa dilakukan jika Anda rutin mengganti oli mesin kendaraan tersebut. Pasalnya, jika oli tersebut jarang diganti dalam kurun waktu tertentu, yang ada justru membuat kinerja mesin menjadi lebih berat dari biasanya. Hal inilah yang menjadikan penggunaan bahan bakar yang dipakai menjadi lebih banyak. Jika semakin boros penggunaan bahan bakar, tentu saja ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman, bukan?

Menjadikan mesin kendaraan mengalami overheat 

Perlu Anda ketahui, bahwa kegunaan utama dari oli yakni sebagai pelumas dan pendingin mesin moor matic. Apabila oli mesin tersebut jarang diganti, maka hal ini akan mengakibatkan kinerja mesin menjadi semakin berat dan berpotensi terjadi masalah overheat (kondisi panas berlebihan yang dialami mesin kendaraan). Jika kondisi ini Anda biarkan begitu saja, maka yang ada akan menjadikan mesin motor matic Anda semakin rusak. Agar terhindar dari dampak buruk ini, pastikan untuk mengganti oli mesin secara rutin.

Demikianlah beberapa dampak buruk yang bisa dialami jika Anda jarang mengganti oli mesin secara rutin. Jika hal ini tidak ingin menimpa kendaraan kesayangan Anda, pastikan mengganti oli secara rutin dan gunakan oli berkualitas dari Idemitsu.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.