Salah satu pakaian kasual untuk menemani aktifitas sehari-hari di luar rumah adalah celana jeans. Celana jeans lebih nyaman dibanding dengan pakaian lainnya karena lebih simple dan lebih modis. Dapat dipadupadankan untuk semua jenis atasan.

Namun banyak orang yang tidak tahu merawat celana jeans, sehingga mengakibatkan celana jeans cepat luntur dan rusak. Untuk anda yang belum tahu perawatan celana jeans maka bisa melihat tips-tips berikut ini :

Jangan Gunakan Mesin Cucu

Keberadaan mesin cuci sangat membantu untuk mencuci pakaian, namun pastikan celana jeans tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Karena mesin cuci bisa mengakibatkan ukuran celana melar dan cepat lawas. Cara mencuci celana jeans cukup direndam 10 menit dengan menggunakan detergen, kemudian bilas langsung tanpa dikucek dan langsung dijemur.

Gunakan Detergen yang Tidak Mengandung Pemutih

Penyebab dari cepat pudarnya warna pada celana jeans adalah karena tanpa sadar anda menggunakan detergen yang di dalamnya terkandung pemutih. Oleh sebab itu mulai sekarang pastikan anda tidak mencuci celana jeans dengan detergen yang mengandung pemutih.

Gunakan Cuka Untuk Warna Celana Jeans Semakin Kuat

Agar warna celana jeans anda tetap cerah tidak luntur maka anda bisa menggunakan cairan cuka. Pastikan takaran air cuka tepat sehingga tidak akan merusak celana jeans anda.

Menggunakan Air Dingin

Selain menggunakan cuka anda juga harus menggunakan air yang dingin untuk mencuci celana jeans. Dengan menggunakan air dingin maka warna celana jeans tidak akan mudah pudar.

Jangan Jemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Carilah tempat jemur yang tidak tersinari langsung oleh sinar matahari, dengan begitu warna celana jeans tidak akan rusak. Juga kualitas dari serta pakaian akan terjaga dengan baik. Selain itu pastikan juga bahwa anda menjemur dengan cara dibalik terlebih dahulu.

Jangan Gunakan Sikat

Ketika anda mencuci pakaian pasti ada noda yang membandel dan membuat kita harus menyikat noda tersebut, namun penggunaan sikat ternyata mampu merusak serat dan warna. Oleh sebab itu saat anda menemukan noda pada celana jeans kesayangan anda pastikan membalik terlebih dahulu, anda boleh saja menyikat namun hanya pada bagian yang bernoda.

Jangan Disetrika

Celana jeans sering kita gunakan pada acara diluar formal, sehingga anda tidak perlu disetrika. Jika disetrika terus menerus maka ukurannya akan menyusut, lebih parahnya lagi warna celana bisa memudar karena panas setrika.

Letakkan di Freezer Untuk Menghilangkan Aroma tak Sedap

Celana jeasn sebaiknya tidak dicuci terus, anda bisa menggunakannya beberapa kali. Namun jika anda tidak percaya diri dan takut mengeluarkan bau yang tidak sedap maka anda bisa mendiamkannya di freezer. Selain mampu menghilangkan bau tidak sedap juga mampu membunuh bakteri yang ada di celana jeans.

Lakukan cara-cara di atas agar celana jeans lebih awet dan tidak mudah rusak. Dengan melakukan perawatan celana jeans di atas maka anda akan lebih nyaman dan PD saat menggunakannya.