Ada saat dimana kita lagi berusaha turun dari tempat tidur dan ketika menginjak lantai untuk menapak ke kamar mandi tiba-tiba telapak kaki terasa sakit banget. Pertamanya pasti yang kita pikirkan karena kecapekan seharian berjalan dan alasan logis lainnya. Tapi jika rasa sakitnya semakin mengganggu dan menyakitkan, harus langsung ke dokter untuk perawatan.

Rasa sakit di telapak kaki ini nggak bisa disepelekan, kita harus mengetahui penyebabnya sehingga pengobatan bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakitnya. Biasanya, dokter akan mendiagnosa rasa sakit luar biasa di telapak kaki sakit ini sebagai penyakit plantar faciitis, yang menyerang bagian tebal pada telapak yang menghubungkan dari tulang tumit ke bagian depan kaki, bagian ini meradang sehingga menimbulkan rasa sakit.

Apa penyebab penyakit ini dan bagaimana pengobatannya?

Penyakit ini bisa terjadi karena adanya peregangan otot yang terlalu kuat, tekanan yang besar atau beban yang terlalu berat. Bagian tebal pada telapak kaki yang mengalami perlakuan seperti ini bisa mengalami cidera dan meradang, yang pada akhirnya terasa sakit saat menapak dan berjalan. Keadaan seperti ini biasanya menyerang ibu hamil dan juru masak.

Telapak kaki sakit akan diobati sesuai dengan tingkat keparahannya, semakin parah maka pengobatannya juga semakin serius, jenis pengobatan yang bisa dilakukan,

1.Mengompres kaki. Kompres kaki di bagian tengah yang tebal dan terasa sakit dengan es secara teratur untuk mengurangi rasa sakitnya. Semakin sering dikompres maka semakin baik.
2.Bisa kurangi sedikit aktivitas fisiknya yang diharuskan berjalan. Sering-seringlah duduk dan beristirahat agar radang dan nyeri di kaki cepat sembuh.
3.Saat berjalan di jalanan yang nggak halus atau berbatu, gunakan alas kaki.
4.Bisa menggunakan bantalan untuk mengurangi rasa sakit. Telapak kaki sakit nggak bisa dipaksa berjalan, sebaiknya gunakan alas kaki yang empuk untuk mengurangi tekanan agar nyeri juga berkurang.
5.Obati dengan obat anti radang, bisa meminta petunjuk dokter agar lebih tenang dan sesuai dosis.
6.Jika perawatan seperti di atas masih belum bisa mengurangi, terpaksa harus dilakukan perawatan medis yang lebih intens, seperti pemberian obat melalui suntikan, fisioterapi, sampai pembedahan kalo semua perawatan yang dilakukan nggak membuahkan hasil dan penyakit semakin parah. Bagian yang akan dibedah adalah plantar facia-nya dan dipisahkan dari tulang tumitnya. Tapi nggak banyak gangguan telapak kaki sakit ini yang harus sampai tahap ini jadi jangan berpikir terlalu jauh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai gangguan yang menyerang di telapak kaki yang menimbulkan rasa sakit berupa nyeri yang mengganggu. Semua perawatan yang dilakukan berguna untuk mengurangi sekaligus menghilangkan rasa sakitnya, lakukan dengan teratur agar cepat sembuh.