fikihkel

Dia Sudah Dewasa

Memasuki usia pubertas atau baligh memang bukan sesuatu yang mudah bagi anak. Mereka akan merasa bingung, gelisah, takut dan cemas dengan berbagai perubahan yang mereka alami. Perubahan yang paling menggelisahkan bagi anak adalah perubahan fisik. Terdapat dua tanda ketika anak telah memasuki masa baligh:

1. Ihtilam, yaitu keluarnya mani baik karena mimpi maupun hal lainnya.

2. Tumbuhnya Rambut Kemaluan

Memasuki usia baligh, fisik banyak mengalami perubahan. Tentunya, diiringi pula perubahan secara psikis. Adapun secara psikis, anak usia baligh merasa diri telah dewasa. Namun, secara kepribadian dia belum matang. Begitu pula pola pikir, belum terbilang mapan. Kadang letupan emosi lebih mengedepan. Karena itu, pada masa usia baligh ini, sering dijumpai anak remaja yang mudah tersinggung, rentan rasa frustrasi (putus asa), suka menentang atau melakukan perlawanan.

Secara sosial, pada masa ini seseorang mulai menyukai relasi dengan lawan jenis. Di samping itu, mulai menguat jiwa solidaritas kepada teman seusianya. Untuk itu, sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk membimbingnya dengan benar.

Mempersiapkan anak-anak memasuki usia baligh tidak hanya semata-mata mempersiapkan mereka secara individu untuk bisa menjalani hidup, tetapi juga dalam rangka menjalankan tugas mulia yaitu sebagai hamba Allah. Artinya, memasuki usia baligh anak dipersiapkan menjadi pemimpin yang terbaik bagi umat pada masa yang akan datang untuk menegakkan kalimat AlLoh di muka Bumi dan menyebarkan Islam.

Pembaca sekalian, semoga sajian Sakinah di bulan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Tak lupa,kritik dan saran selalu kami nantikan.