Tips Mengatur Taman Rumah di Lahan Terbatas

Taman rumah tidak hanya digunakan untuk mempercantik sebuah tempat tinggal, akan tetapi juga menjadi poin pertama yang dilihat orang saat mengunjunginya, selain itu taman rumah juga bisa digunakan untuk menyimpan beberapa peralatan seperti alat filter air sumur, kandang hewan dan lain sebagainya. Taman yang terawat baik berkontribusi pada estetika bangunan. Seindah apapun bentuk rumah pun akan terasa biasa saja jika tata letak halaman rumah tidak indah. Oleh karena itu, desain dan perawatan keindahan taman rumah Anda tidak boleh dianggap remeh.

Minimnya lahan, ditambah dengan keterbatasan waktu dan kapasitas, seringkali menjadi alasan banyak orang ragu untuk merawat kebunnya. Meski tidak sesulit membuat taman kecil dengan desain sederhana seperti yang dibayangkan.  Tata letak halaman rumah sangat penting karena berada di bagian depan bangunan. Selain itu, tampilan taman di halaman belakang rumah sering dijadikan sebagai kesan pertama yang didapat orang saat pertama kali melihatnya. Oleh karena itu, taman rumah yang indah dan terawat dapat mewakili bangunan atau tempat tinggal di daerah tersebut.

Selain menambah nilai estetika pada sebuah bangunan, ada beberapa manfaat teras lainnya yang mungkin tidak disadari banyak orang. Beberapa diantaranya adalah: dapat digunakan baik sebagai ruang terbuka maupun sebagai area hijau yang indah. Anda dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan dengan menggunakan taman untuk tanaman, tanaman atau pohon. Sebagai area untuk bersantai dan beristirahat untuk menghilangkan penat. Bahkan medan yang minim pun bisa dikelabui menjadi halaman rumah minimalis. Sehingga patio yang ada dapat terus digunakan jika memungkinkan.

Memang taman yang bagus adalah taman yang memiliki lahan yang luas, namun bagaimana dengan taman yang memiliki lahan yang terbatas? Berikut tips untuk merawat taman di lahan yang terbatas

  1. Tentukan area yang ingin Anda ubah menjadi taman.
  2. Batasi area dengan batu, kerikil, tanah liat, bata, kayu atau paving.
  3. Tentukan sistem penataan sesuai selera dan area samping Anda. Anda dapat menempatkannya secara vertikal, tergantung atau terhuyung-huyung.
  4. Untuk menciptakan kesan yang lebih besar, posisikan lampu dan sistem pencahayaan dengan benar.
  5. Jika Anda berencana menanam pohon, pilihlah pohon yang tidak tumbuh terlalu besar.

Dengan mengaplikasikan tips tersebut di atas tentu akan membantu Anda dalam merawat dan mengatur lahan dan taman yang akan dibuat. Sebagai dekorasi Anda bisa menambahkan tanaman, conblock, rerumputan dan lain sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa dekorasi tersebut memang memiliki harga yang tidak murah apalagi jika digabungkan dengan biaya perawatan lahan. Oleh sebab itu ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu harga conblock, atau harga peralatan lain yang ingin Anda beli agar Anda dapat mengatur keuangan dan dana yang akan digunakan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *