Siapa sih yang tidak ingin memiliki persahabatan yang awet bahkan hingga tua nanti? Tentu hampir dari kita semua menginginkan sebuah hubungan persahabatan yang langgeng. Kendati demikian tidak semua orang mampu mempertahankan persahabatan tersebut karena diakibatkan oleh beberapa hal Salah satunya adalah kurangnya dewasa dalam persahabatan.

Memang setiap orang memiliki karakter masing-masing tetapi dalam bersahabat kita mesti memiliki ke dewasaan dalam menjaga hubungan persahabatan tersebut. Hubungan persahabatan yang langgeng akan mengantarkan pada kebahagiaan. Walaupun pada dasarnya dalam persahabatan tentu ada yang namanya masalah, disinilah kita akan diuji Apakah kita mampu melewati masalah tersebut atau tidak. Ingin memiliki persahabatan yang awet? Berikut ini saya Uraikan.

1. Mulailah bersahabat dengan saling jujur

Salah satu kesalahan yang dimiliki oleh seseorang dalam memulai persahabatan adalah mereka tidak saling jujur di awal. Tidak sedikit orang yang rela menyembunyikan identitas asli mereka agar mampu diterima di kelompok tertentu. Padahal pemikiran ini sangat salah Karena persahabatan yang baik akan lahir dari sifat yang baik.

Apabila kita telah tidak jujur di awal Maka jangan harapkan ada persahabatan yang langgeng hingga tua. Tak hanya itu ada baiknya kita juga harus saling jujur dan menceritakan permasalahan atau apabila seorang sahabat Tengah meminta pendapat dari kita maka ada baiknya kita memberikan jawaban yang sebenar-benarnya.

Dengan sifat kejujuran inilah maka kita akan lebih dihargai dalam persahabatan dibandingkan dengan persahabatan yang penuh dengan ketidakjujuran.

2. Rahasia sahabat merupakan rahasia anda

Dalam hubungan persahabatan tentunya ada masa dimana kita akan menceritakan rahasia kita dan permasalahan apa yang tengah kita rasakan. Dan disinilah sebagai sahabat yang baik kita wajib untuk mendengarkan sahabat ketika bicara dan selalu menjaga rahasia dari sahabat itu. Perlu diingat bahwa kunci sukses dalam bersahabat berikutnya adalah saling menjaga rahasia.

Walaupun dia adalah sahabat tetapi tidak boleh menceritakan rahasia kepada orang sembarangan dan bahkan pada orang tuamu. Hal ini sangat tidak sopan dan bahkan hanya dalam sekejap persahabatan kalian akan runtuh dan bukan tidak mungkin anda akan kesulitan dalam menemukan sahabat lainnya karena memiliki sahabat tidaklah mudah.

3. Harus saling memberi kabar

Sama seperti hubungan percintaan, dalam hubungan persahabatan setiap anggota atau seseorang juga wajib untuk saling memberikan kabar. Walaupun kita Tengah disibukkan untuk mengerjakan rutinitas pekerjaan kita tetapi kita harus ingat Apabila ada sahabat yang sedang menunggu kabar kita.

Jangan sampai menjadikan kesibukan anda sebagai salah satu alasan untuk tidak berkomunikasi dengan sahabat. Di zaman yang serba modern ini, memberikan kabar tidaklah sulit bahkan dapat dilakukan dalam hitungan detik melalui smartphone.

4. Saling belajar untuk toleransi

Setiap orang memiliki karakter mereka masing-masing dan untuk mengenal karakter tersebut dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dan Bahkan membutuhkan berbulan-bulan untuk mengenal sifat aslinya. Dan disinilah kita tidak boleh mencari teman berdasarkan karakter yang sama Karena pada dasarnya setiap orang memiliki perbedaan.

Disinilah Kita juga harus mengetahui toleransi dan siap menerima apabila seorang sahabat tidak memiliki karakter yang sama. Jangan sampai mencari sahabat hanya berdasarkan karakter yang sama hanya untuk menghindari pertengkaran. Padahal setiap persahabatan tidak bisa dipisahkan cari yang namanya masalah.

5. Harus mengenal batasan privasi

Kita memang memiliki sahabat selama bertahun-tahun sehingga membuat kita mengenal sifat bahkan hal yang disukai dan tidak disukai oleh mereka. Dan Anda juga harus menerima hal tersebut karena setiap orang memang memiliki sifat yang berbeda-beda. Tak hanya itu kita mesti mengetahui batasan-batasan privasi.

Terkadang memang ada sesuatu yang tidak diceritakan dengan sahabat dan sebagai sahabat yang baik maka kita bisa menerima hal tersebut dan tidak memaksa mereka untuk bercerita. Agar persahabatan kalian langgeng maka kalian harus memperhatikan batasan-batasan itu ya.

6. Selalu mendukung

Dengan adanya persahabatan diharapkan mampu memberikan dukungan. Dan disinilah kita akan dituntut untuk memberikan dukungan atas apa yang dilakukan oleh sahabat dalam hal positif. Seperti apanbila sahabat berbahagia atas prestasi yang diraihnya maka kita juga turut senang dan memberikan dukungan.

Sedangkan apabila sahabat Tengah bersedih maka ada baiknya kita membuat mereka tersenyum kembali dan jangan sampai membuat mereka patah semangat. Kita juga harus mendukung sahabat dengan sepenuh hati dan jangan sampai ada sifat iri yang ada didalam kita ketika mempunyai sahabat yang lebih unggul. Pada dasarnya setiap orang memiliki keunggulan masing-masing.

Itulah beberapa tips dalam menjaga hubungan persahabatan agar awet dan langgeng. Ada baiknya kita juga tidak menggantikan posisi mereka di dalam hidup kita walaupun kita telah menemukan teman baru. Anggaplah Apabila mereka tidak akan pernah tergantikan dan tidak mudah untuk menemukan seseorang seperti mereka.

Dengan cara itulah persahabatan kalian bisa langsung.