Majalah Sakinah Vol. 13 No. 5

Menggombal Itu Perlu

Termasuk perkara yang menguatkan tali kasih sayang di antara pasutri adalah variasi dalam cara bermuamalah dengan istri. Dan yang memiliki pengaruh sangat kuat adalah berusaha untuk menyenangkan hati istri. Menyenangkan hati orang lain secara umum merupakan ibadah, apalagi menyenangkan hati seorang istri secara khusus yang telah banyak berjasa kepada suaminya. Bukankah demikian wahai para suami?

cover-1408-1305-350pxIstri lah yang telah bersusah payah mengurus kebutuhan-kebutuhan suaminya, dialah yang mengurus anak-anak, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang tidak diragukan lagi akan besarnya jasa seorang istri bagi suaminya. Untuk itu, jika para suami tidak mampu memberikan hadiah yang agak “bernilai” untuk istrinya, maka senangkanlah hati istri dengan cara-cara yang lain. Salah satunya dengan perkataan yang baik yang termasuk di dalamnya adalah rayuan atau “gombalan”. Terkadang, rayuan ini lebih bermakna daripada harta yang banyak.

Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda,

وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ

“Perkataan yang baik adalah sedekah.” (Riwayat al-Bukhari III/1090 no. 2827, Muslim II/699 no. 1009)

Syekh Ibnu Utsaimin – rahimahullah – menjelaskan bahwa perbuatan atau perkataan yang asalnya mubah namun jika diniatkan untuk menyenangkan hati orang lain, maka akan bernilai ibadah. (Al-Qaulul Mufid)

Nah, inilah yang melandasi dipilihnya tema “rayuan gombal suami sejati” Sakinah edisi ini. Semoga dengan adanya pembahasan ini, rumah tangga pasutri Anda semakin hangat dan harmonis. Tak lupa, kritik dan saran dari pembaca selalu kami nantikan demi kebaikan bagi kita semua. Akhirnya, selamat membaca!

daftarisi-1408-1305-660px

Tagged under: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Back to top