Majalah Sakinah Vol. 15 No. 5

Jalan Terjal Menuju Istiqamah

Setan adalah musuh besar manusia, yang memiliki target utama menjerumuskan sebanyak mungkin manusia ke lembah kebinasaan, keluar dari jalan istiqamah menuju jalan kesesatan. Allah ta’ala berfirman mengingatkan kita,

وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ * إِنَّمَا يَأْمُرُكُم بِالسُّوءِ وَالْفَحْشَاءِ وَأَن تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

“Dan jangan kalian mengikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya dia bagi kalian adalah musuh yang nyata. Sesungguhnya dia selalu memerintah kalian untuk (melakukan) kejahatan dan kekejian dan agar kalian mengucapkan apa-apa yang tidak kalian ketahui.” (al-Baqarah: 168—169)

COVER AGUSTUS -350pxDemikianlah betapa bahayanya pembisik ini. Allah telah mengingatkan setiap hamba-Nya agar mewaspadai ulah setan dan tidak terjatuh dalam bujuk rayu manisnya. Sekali terjatuh dalam jeratannya, akan sulit untuk melepaskan diri kecuali orang-orang yang Allah beri rahmat dan pertolongan.

Apalagi di masa sekarang, jalan-jalan kesesatan hasil propaganda setan telah demikian marak, menjerat siapa saja yang lengah dan kurang peduli terhadap seruan agamanya. Oleh karena itu, pembaca sekalian, edisi ini Sakinah mengangkat tema “Agar Istiqamah Terasa Mudah”. Semoga dengan sajian kali ini, kita semua diberi kemudahan untuk tetap istiqamah dalam kebaikan dan beramal shalih.

Pembaca sekalian, Rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda, “Segala sesuatu memiliki semangat. Dan setiap masa semangat memiliki rasa malas. Jika pelakunya senantiasa bersikap istiqamah dan mendekat, berharaplah dia bisa tetap (semangat). Sebaliknya, jika dia hanya ingin ditunjuk dengan jari (karena berbuat riya’), maka janganlah orang itu kalian anggap (tidak termasuk orang yang baik”). (Riwayat Tirmidzi)

Akhirnya, selamat membaca! Kritik dan saran selalu kami nantikan. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 05

daftarisi-670px

Tagged under: , , ,

Back to top