Majalah Sakinah Vol. 15 No. 6

Remaja Penerus Kita

Remaja atau pemuda adalah generasi penerus calon pemimpin masa depan dan bapak bagi keturunan mendatang, di pundaknya tugas pendidikan dan kepemimpinan umat akan datang.

Oleh karena itu, kebaikan pemuda adalah kebaikan umat dan kerusakan pemuda adalah kerusakan umat ini, karena usia dihabiskan oleh masa muda dan sebagian besar jumlah umat ini diisi oleh pemuda!

COVER SEPTEMBER 2016ok-350pxRasulullah – shallallâhu `alaihi wa sallam – memerintahkan umatnya untuk memanfaatkan masa muda dengan sebaik-baiknya. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah – shallallâhu `alaihi wa sallam – pernah menasihati seseorang,

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: masa mudamu sebelum datang masa tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan hidupmu sebelum datang matimu.” (Riwayat al- Hakim. Beliau dan Syekh al-Albani – rahimahumallah – menshahihkannya).

Pembaca sekalian, masa muda adalah masa yang banyak tantangan dan pertarungan pengaruh baik dan buruk, sedangkan kebanyakan pemuda belum mencapai kedewasaan yang matang, sehingga sangat terbuka peluang untuk diubah dan dikotori pengaruh negatif.

Pemuda Islam adalah target musuh-musuh Islam, karena keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki oleh para pemuda tersebut. Syekh Bin Baz – rahimahullah – berkata:

“Musuh-musuh Islam telah mengetahui ini (keistimewaan pemuda, pent.), maka musuh-musuh Islam segera membuat rintangan di jalan hidup yang dilalui para pemuda Islam atau mengubah cara pandang dan prinsip hidup mereka, dengan memisahkan mereka dari agama Islam atau membuat jurang pemisah antara mereka dengan para ulama” (Fatawa Bin Baz: 2/365)3.

Nah, semoga dengan hadirnya sajian Sakinah edisi ini, kita semua bisa memupuk kebaikan para remaja dan pemuda. Akhirnya selamat membaca!

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 6

daftarisi-sept2016

Tagged under: , ,

Back to top