Majalah Sakinah Vol. 15 No. 8

Menjadi Pemimpin Adil

Adil bukanlah persamaan hak dalam segala hal. Namun adil adalah menempatkan setiap manusia pada tempat yang selayaknya dan semestinya, serta menempatkan segala sesuatu pada posisinya yang telah diatur dalam syariat-Nya.

10-cover-november-2016-350pxAllah memerintahkan kepada keadilan dan bukan kepada persamaan antara sesama manusia dalam segala hal. Firman-Nya:

وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ

“Dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.” (an-Nisa`: 58)

Dan firman-Nya:

إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (an-Nahl: 90)

Pembaca sekalian, menjadi pemimpin rumah tangga yang adil bukanlah sesuatu yang mudah. Untuk itu kita memerlukan bekal ilmu untuk mewujudkannya. Sebab, ketika seorang kepala rumah tangga tidak bisa adil, sudah pasti kezhaliman yang akan dirasakan keluarganya. Untuk itu, pada edisi ini Sakinah berusaha mengupasnya.

Pembaca sekalian, ketika pemimpin rumah tangga bisa berlaku adil, maka dia mempunyai doa yang tidak tertolak. Abu Hurairah – radhiyallahu ‘anhu – meriwayatkan, bahwa Nabi – shallallâhu `alaihi wa sallam – bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الإِمَامُ العَادِلُ وَالصَّائِمُ حَتَّى يَفْطُرَ وَدَعْوَةُ المَظْلُوْمِ.

“Tiga doa yang tidak tertolak: Doa pemimpin yang adil, orang yang puasa hingga berbuka, dan doa orang yang dizhalimi.” [Riwayat at Tirmidzi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Syekh al Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah, no. 1432].

Akhirnya, selamat membaca! Kritik dan saran selalu kami nantikan.

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 8

daftarisi-1610

Tagged under: , , ,

Back to top