Majalah Sakinah Vol. 15 No. 9

Fitnah Harta Menutupi Logika

Kasus penggandaan uang seakan tak pernah berhenti. Padahal dalam kasus-kasus sebelumnya telah banyak korban yang kehilangan harta maupun nyawa. Namun, mata yang silau karena limpahan harta, menutup akal-akal para pemuja harta ini.

12-cover-desember-2016-350pxSungguh benarlah sabda Rasulullah – shallallâhu `alaihi wa sallam – kepada sahabatnya Hakim bin Hizam,

« يَا حَكِيمُ ، إِنَّ هَذَا الْمَالَ خَضِرٌ حُلْوٌ ، فَمَنْ أَخَذَهُ بِسَخَاوَةِ نَفْسٍ بُورِكَ لَهُ فِيهِ ، وَمَنْ أَخَذَهُ بِإِشْرَافِ نَفْسٍ لَمْ يُبَارَكْ لَهُ فِيهِ ، وَكَانَ كَالَّذِى يَأْكُلُ وَلاَ يَشْبَعُ ، وَالْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى »

“Wahai Hakim, sesungguhnya harta ini indah dan manis. Barangsiapa mengambilnya dengan keluasan jiwanya, ia akan diberkahi pada hartanya. Dan barangsiapa yang mengambilnya dengan tanpa berlebihan, maka perumpamaannya adalah seperti orang yang makan dan tidak pernah kenyang.” (Riwayat Bukhari no: 1472, 2750, 3143, Muslim no: 1035)

Ketika harta telah memfitnah seseorang, cara-cara yang tak masuk akal pun akan tetap ditempuh dan diyakininya. Salah satunya adalah penggandaan uang. Oleh karena itu,pada edisi ini Sakinah membahas masalah tersebut. Semoga kita bisa terjaga dari bahaya fitnah harta yang digambarkan Rasulullah n dalam sabda beliau berikut ini,

«مَا ذئبان جَائِعَانِ أُرسِلاَ في غَنَمٍ بأفسَدَ لها مِنْ حِرصِ المرء على المال والشَّرَف لدينهِ »

“Tidaklah dua serigala lapar yang menghampiri seekor kambing lebih berbahaya baginya dari ambisi seseorang kepada harta dan kedudukan bagi agamanya” (Riwayat Tirmidzi no. 2376, ia berkata: hasan shahih, Ahmad: 3/656)

Akhirnya, selamat membaca! Kritik dan saran selalu kami nantikan. (***)

Sumber: Beranda Majalah Sakinah Vol. 15 No. 9

daftarisi-des2016

Tagged under: ,

Back to top