Anak adalah anugerah terindah bagi setiap pasangan suami istri. Orang tua tentu ingin memberikan semua hal yang terbaik untuk anak, termasuk dalam hal pendidikan. Namun terkadang keinginan tersebut terhalangi karena suatu keadaan di luar prediksi. Untuk itu penting bagi setiap orang tua memikirkan tabungan pendidikan anak sedini mungkin. Banyak yang menyukai cara ini, karena dinilai efektif untuk biaya pendidikan anak yang semakin hari semakin naik. Dengan adanya tabungan, anak tidak takut untuk tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi karena telah dipersiapkan jauh hari sebelum dibutuhkan.

tabungan untuk anak sekolah

Merencanakan masa depan untuk anak adalah tugas setiap orang sebagai orang tua. Salah satunya dengan memberikan tabungan untuk pendidikannya anak kelak. Banyak instansi yang memberikan pelayanan tabungan anak, namun Anda dapat mencoba menggunakan pelayanan yang jelas aman, mudah, dan jelas. Pastikan program tersebut sesuai dengan kondisi keuangan Anda, agar di kemudian tidak ada penyesalan. Karena setiap program memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Salah satu program yang menawarkan hal tersebut adalah tabungan untuk anak sekolah BRI Junio. Kelebihan dari produk tabungan ini diantaranya.

1. Bank BRI tersebar merata di seluruh Indonesia dengan 9.500 cabang dan 18.000 ATM BRI yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.
2. Kemudahan aksesibilitas kartu debit BRI di jaringan ATM bersama, Link, Prima dan BRI.
3. Fasilitas E-Banking BRI.
4. Gratis untuk asuransi kecelakaan diri dengan ketentuan saldo minimal Rp. 500.000, berhak atas jaminan asuransi kecelakaan dengan ketentuan 250% dari saldo terakir dan maksimal sebesar Rp. 150.000.000.
5. Fasilitas tabungan perencana.
6. Fasilitas transaksi otomastis jika dibutuhkan.

Dengan kemudahan yang BRI berikan kepada nasabahnya, Pihak BRI juga mengadakan program tabungan pendidikan anak dengan sistem setoran rutin dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai target dana yang diinginkan nasabah. Suku bunga program ini cukup besar, yakni 3,25 persen. Tabungan ini menawarkan bentuk setoran rutin bulanan mulai dari nominal Rp. 100.000 hingga Rp. 5.000.000. Selain itu setoran tambahan dapat dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku dari pihak Bank BRI. Untuk jangka waktu penyimpanan, Bank BRI memberikan pilihan jangka waktu penyimpanan 1 tahun hingga 20 tahun sesuai kesepakatan bersama pihak nasabah dengan pihak Bank BRI.

Berbeda peraturan dengan program tabungan pendidikan anak dari bank lain, program tabungan pendidikan dari BRI, orang tua dapat mencairkan dana kapan saja sewaktu anak membutuhkan dana pendidikan tanpa dikenakan biaya potongan. Hal inilah yang membuat banyak nasabah puas akan sistem dan peraturan yang diberikan dari pihak bank BRI, karena orang tua dalam kondisi mendesak dapat melakukan penarikan tabungan. Karena kebutuhan rumah tangga yang tidak dapat diprediksi menjadikan mengambil dana tabungan anak adalah solusi dalam memberikan pendidikan yang baik dan layak untuk buah hati.

Meskipun suatu musibah bukanlah suatu yang diinginkan, namun dengan memiliki tabungan pendidikan tentu orang tua akan lebih tenang. Selain itu sisi positif dari memiliki tabungan pendidikan, dapat menanamkan jiwa hemat sedini mungkin pada anak. Orang tua dapat mengajarkan pada anak menabung sejak dini. Dengan memberitaku pada anak manfaat dari menabung, secara tidak langsung orang tua menanamkan rasa menggunakan uang sesuai dengan kebutuan. Kebutuan yang sifatnya bukan hal pokok dan mendesak maka dapat dijadikan tabungan. Dari tabungan tersebut anak dapat menggunakan untuk keperluan yang diinginkan.