Saat ini memang sudah sering di lakukan, berbagai aksi untuk menjaga bumi. Dalam hal ini, banyak kegiatan yang membantu untuk dapat menjaga kesehatan dan keseimbangan yang dimiliki oleh bumi sendiri.

Tujuan dari gerakan ini tentunya, untuk dapat menyelamatkan bumi dari segala kerusakan yang ada. Tentunya hal ini perlu di lakukan, melihat dampak-dampak kerusakan bumi semakin dapat dirasakan untuk keseimbangan hidup manusia.

Beberapa hal ini seperti suhu bumi yang semakin panas, pergantian musim yang sulit untuk diprediksi dan masih banyak lagi. Namun ternyata ada beberapa kegiatan yang tidak disadari, dapat ikut membantu menjaga bumi. Berikut kegiatannya.

menjaga bumi

1. Matikan Lampu Saat Tidak Digunakan

Tentunya hal ini sudah banyak ditemukan dan di kampanyekan. Hal ini dikarenakan, dengan mematikan lampu saat tidak digunakan akan membantu untuk mengurangi energy, dan juga mengurangi efek dari global warming.

Hal ini dapat anda lakukan baik di tempat kerja, atau bahkan tempat tinggal anda. Jangan lupa untuk mematikan lampu ruangan, saat memang tidak digunakan.

2. Mematikan Alat Elektronik Saat Tidak Digunakan

Di tempat kerja pastinya anda dengan mudah menemukan, berbagai perlengkapan elektronik. Dalam hal ini tentunya jika semakin tinggi daya listrik yang digunakan, pastinya akan semakin tinggi emisi karbon yang akan di hasilkan.

Maka dari itu, cobalah untuk mulai dari sekarang untyuk mematikan berbagai alat elektronik, yang sekiranya sudah tidak digunakan.

3. Hemat Air Bersih

Saat ini persediaan air bersih akan semakin menipis, tentunya hal ini tidak diinginkan oleh semua orang. Mengingat bahwa air bersih merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk melakukan berbagai aktivitas.

Dalam hal ini untuk menghindari air bersih yang semakin menipis, anda dapat mematikan keran jika air sudah tidak digunakan dan hanya nyalakan keran saat dibutuhkan kembali.

4. Menggunakan Tisu Secukupnya

Memang tisu merupakan hal yang sangat praktis untuk digunakan, namun pernahkah anda mengira berapa banyak tisu yang anda gunakan setiap harinya? Dalam hal ini banyak tisu yang sudah digunakan dan mengakibatkan banyak pohon yang juga harus mengalami penebangan.

Jika hal ini terus terjadi, maka Indonesia tidak akan mampu untuk menyediakan banyak oksigen. Mulailah untuk mengurangi pemakaian dari tisu.

5. Menggunakan Kertas Bekas atau Print Bolak-balik

Memang aktivitas dari print adalah hal yang cukup rutin untuk di lakukan, terutama jika anda bekerja di kantor. Namun tahukah anda bahwa penggunaan kertas telah membuat pohon banyak ditebang?

Dalam hal ini tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk membuat pohon tumbuh. Mulailah untuk mengurangi penggunaan kertas itu sendiri. Dengan anda melakukan berbagai hal diatas, tentunya hal tersebut akan membantu untuk menjaga bumi dan kesehatan dari bumi. Anda juga dapat menjalani hidup yang lebih sehat, dan menikmati berbagai aktivitas dengan nyaman.